IHSG Dibuka Menguat Tipis 0,33 Poin

JAKARTA — Indeks Harga Saham gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Rabu diprediksi bergerak datar seiring minimnya sentimen di pasar.

IHSG dibuka menguat tipis 0,33 poin atau 0,01 persen ke posisi 5.959,95. Sementara kelompok 45 saham unggulan atau indeks LQ45 naik 0,43 poin atau 0,05 persen ke posisi 890,92.

“Kami memproyeksikan IHSG hari ini akan bergerak terbatas seiring dengan minimnya sentimen positif,” tulis Tim Riset Samuel Sekuritas dalam kajiannya di Jakarta, Rabu.

Pasar juga menanti pencairan tunjangan hari raya (THR) bagi PNS di minggu ini yang dapat menggairahkan industri ritel di tengah larangan mudik.

Ada pula isu reshuffle kabinet yang diperkirakan akan terjadi dalam waktu dekat, yang diperkirakan akan membuat investor lebih memilih untuk wait and see.

Dari eksternal, bursa saham AS pada perdagangan semalam ditutup cenderung datar. Para pelaku pasar masih memilih untuk menunggu rilis laporan keuangan dari berbagai emiten dan kelanjutan proposal Presiden AS Joe Biden tentang kenaikan pajak pendapatan kapital.

Pelaku pasar juga menanti hasil rapat Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) terkait suku bunga AS dan arah kebijakan The Fed ke depannya. Konsensus memperkirakan bahwa The Fed akan mempertahankan suku bunganya.

Sementara itu, imbal hasil (yield) obligasi 10 tahun AS mencapai 1,625 persen, naik 3,5 persen dari hari sebelumnya.

Selain itu, rilis data keyakinan konsumen AS yang berada di level 121,7, tertinggi sejak Februari 2020, mengindikasikan adanya potensi kenaikan belanja masyarakat AS.

Dari pasar komoditas, harga minyak menguat didukung optimisme OPEC+ bahwa permintaan minyak tetap solid meskipun adanya gelombang kedua pandemi COVID-19 di sejumlah wilayah.

Lihat juga...