Indah dan Eksotik, Wisata Gua di Banyumas Kembali Ramai Dikunjungi

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

BANYUMAS — Wisata gua kembali ramai dikunjungi, setelah sempat sepi untuk waktu yang cukup lama. Wilayah di Kabupaten Banyumas yang kaya akan wisata gua berada di bagian barat, yaitu Kecamatan Ajibarang serta Gumelar.

Salah satu pengunjung Gua Lawang di Kecamatan Ajibarang, Deli, Minggu (4/4/2021). (FOTO : Hermiana E.Effendi)

Dari pantauan di lokasi, pengunjung sebagian merupakan pesepeda yang singgah untuk menikmati keindahan gua. Di Kecamatan Ajibarang misalnya, yang banyak dikunjungi seperti Gua Lawang dan Gua Damar yang terletak di Desa Darmakradenan.

“Kawasan sekitar gua masih sangat alami dan jalan menuju ke gua juga hanya jalan setapak, sehingga sangat cocok dikunjungi sambil bersepeda,” kata salah satu pengunjung yang bersepeda, Deli, Minggu (4/4/2021).

Menurut Deli, ia bersama rombongan bersepeda ke arah Banyumas bagian barat. Dari keterangan warga sekitar, di Kecamatan Ajibarang ini ada tujuh wisata gua yang semuanya masih alami. Jalan menuju ke lokasi hanya jalan kecil dan sekitar gua dikelilingi pepohonan yang tinggi.

“Sangat alami dan udaranya sejuk, gua nya juga eksotik dan sangat indah, sangat tepat untuk berwisata menyegarkan badan serta pikiran di akhir pekan,” ucapnya.

Salah satu warga Kecamatan Ajibarang, Nanang mengatakan, banyak gua yang terdapat di Ajibarang. Antara lain,  Sumur, Damar, Lawang, Kemit, Mol, Barat, Kromong dan Lawa. Dari sejumlah gua tersebut, yang memiliki ukuran paling besar adalah Gua Lawa atau yang biasa disebut Gua Gede.

Lokasi gua tersebut terpencar dan yang paling banyak berada di sebuah bukit di Dusun Karangpucung, Desa Darmakeradenan. Yaitu Kemit, Sumur dan Lawa. Jarak antara gua yang terdekat yaitu Kemit dengan Lawa dan yang terjauh yaitu Kromong yang berjarak sekitar 4 kilometer dari jalan raya. Gua Lawang sendiri berjarak 1 kilometer dari jalan raya.

“Semua gua tersebut masih alami, hanya dikelola warga sekitar sekedarnya saja, sehingga akses jalannya masih sulit dan gua-gua tersebut juga dikelilingi bukit kapur yang menjulang tinggi,” tuturnya.

Untuk pintu masuk sekaligus pintu keluar utama kawasan gua di Darmakradenan ini, berada di Dusun Karangbawang. Letaknya sangat stategis, karena tepat berada pada persimpangan jalan yang menghubungkan antara Kecamatan Ajibarang dan Kecamatan Wangon.

“Masing-masing gua memiliki ciri khas sendiri, untuk Gua Sumur misalnya, di dalamnya terdapat lubang berukuran besar menyerupai sumur. Untuk Gua Lawa, banyak terdapat hewan kelelawar, namun semua masih alami dan udara di sekitarnya sangat sejuk,” jelas Nanang.

Lihat juga...