Indahnya Pemandangan Alam di Kawasan Pantai Pancer Puger

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

JEMBER – Kawasan wisata bahari Pantai Pancer Puger di Jember memiliki spot wisata yang menarik untuk dikunjungi. Bahkan setiba di lokasi wisata, pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan berupa bentangan pantai dan bukit yang asri.

Lokasi wisata bahari tersebut terletak di sisi selatan Kabupaten Jember. Apabila perjalanan dimulai dari pusat kota, hanya membutuhkan waktu tidak sampai 1 jam untuk sampai di lokasi.

Salah satu anggota Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) Pancer Puger, Wasis menyatakan, akses menuju kawasan wisata bahari tersebut mudah untuk dilalui. Pengunjung hanya menempuh jalan nasional, dari pusat kota menuju arah selatan Kabupaten Jember.

Wasis saat ditemui Cendana News di sela-sela kesibukannya menerima pengunjung yang datang di wilayah Pantai Pancer Puger, Minggu (4/4/2021).- Foto: Iwan Feri Yanto

“Wisatawan yang ingin berlibur menikmati keindahan pantai, sangat cocok untuk mencoba spot wisata bahari. Keindahan pantai dan bukit nan asri,  berada di sekitar area wisata Pancer Puger,” ujar Wasis kepada Cendana News, di wilayah Jalan Pantai Pancer, Kecamatan Puger, Jember, Minggu (4/4/2021).

Dampak pandemi membuat tempat wisata tutup beberapa bulan. Baru sekitar akhir tahun 2020, tempat wisata kembali dibuka.

“Selama pandemi terjadi akses wisata ditutup untuk pengunjung. Tujuannya untuk menghindari persebaran paparan Covid-19. Setelah memasuki akhir tahun 2020, wisata bahari Pancer Puger kembali dibuka. Namun tetap  mematuhi protokol kesehatan hingga saat ini,” ucapnya.

Selain disuguhi dengan pemandangan pantai, wisatawan juga dapat mengunjungi lokasi tempat pelelangan ikan yang tidak jauh dari kawasan wisata bahari tersebut.

“Setelah wisatawan puas menikmati keindahan alam pantai Pancer Puger, para wisatawan juga bisa mampir sejenak di tempat pelelangan ikan. Biasanya jadi tempat para nelayan berlabuh setelah menangkap ikan,” ucapnya.

Selain menawarkan keindahan pemandangan pantai, juga terdapat pemandangan bukit yang menambah ikon wisata daerah tersebut.

“Ikannya juga cocok untuk bahan oleh-oleh, ikan segar dari hasil tangkapan nelayan bisa dijadikan menu masakan di rumah,” pungkasnya.

Salah satu pengunjung, Aisyah, mengungkapkan ketertarikannya mengunjungi wisata bahari. Menurutnya, bisa untuk refreshing apalagi dengan pemandangan pantai yang menjadi daya tarik tersendiri.

“Kawasan wisata pantai Pancer Puger memiliki sejumlah spot yang menarik. Tidak hanya bisa menikmati pantai, namun juga dapat menikmati hamparan bukit di sekitarnya. Juga melihat aktivitas nelayan yang sibuk sedang menaiki perahu yang berlalu lalang. Melintas di sekitar pantai,” ucapnya.

Lihat juga...