Lebaran CDN

Jamkrindo Salurkan Penjaminan UMKM Senilai Rp14,4 Triliun

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

JAKARTA –  PT Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) berkomitmen mendukung Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) bangkit usahanya dengan menyalurkan penjaminan senilai Rp14,4 triliun.

Direktur Utama PT Jamkrindo, Putrama Wahju Setyawan, menegaskan, pihaknya berkomitmen mendukung dan membantu UMKM untuk naik kelas di tengah pemulihan ekonomi akibat pandemi Covid-19.

“Pemulihan ekonomi nasional sangat tergantung kepada bagaimana UMKM ini dapat bangkit kembali, mengingat bahwa sebagian besar pelaku usaha di Indonesia ini adalah UMKM,” ujar Wahju, dalam sambutannya pada perayaan HUT Jamkrindo ke 51 yang digelar secara virtual di Jakarta, diikuti Cendana News, Jumat (30/4/2021).

Menurutnya, pihaknya berkomitmen melindungi, mempertahankan dan meningkatkan kemampuan UMKM dengan memberikan penjaminan modal usaha.

Khususnya program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dan Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang sangat dibutuhkan oleh para pekaku UMKM dalam mempertahankan usahanya.

“Program KUR untuk mendukung UMKM dapat bangkit di tengah kondisi Covid-19,” imbuhnya.

Direktur Bisnis Penjaminan PT Jamkrindo, Suwarsito menambahkan, pihaknya telah melakukan penjaminan pembiayaan UMKM dalam rangka program PEN senilai Rp 14,4 triliun yang mencakup hampir 1 juta UMKM.

“Pada periode Juli 2020 sampai April 2201, ada 952.000 UMKM yang usahanya diberi penjaminan oleh kami,” kata Suwarsito, pada talk show perayaan HUT ke 51 Jamkrindo bertajuk UMKM Bangkit yang digelar secara virtual di Jakarta, diikuti Cendana News, Jumat (30/4/2021).

Adapun untuk program KUR, jelas dia, pihaknya telah memberi penjaminan usaha senilai Rp 452 triliun kepada 17,75 juta UMKM sepanjang periode 2007 sampai April 2021.

Dikatakan dia, secara umum masih banyak pelaku usaha yang dijamin pembiayaan masih menjalankan kegiatan usahanya secara luring (offline).

“UMKM yang masih offline, kami dorong agar go digital  di masa pandemi ini sehingga bisa tetap memasarkan produknya dan dapat bersaing,” pungkasnya.

Lihat juga...