Lebaran CDN

Jatisampurna Kini Memiliki Layanan Polsek Pra-Rural

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

BEKASI – Kecamatan Jatisampurna, Kota Bekasi, Jawa Barat, akhirnya memiliki Kepolisian Sektor (Polsek) Pra-Rural pemekaran dari Polsek Pondok Gede. Selama ini, Polsek Pondok Gede membawahi tiga kecamatan.

“Saat ini statusnya masih Pra Rural jadi tidak bisa menyidik. Nanti setahun akan dievaluasi untuk naik tingkat menjadi Rural, nanti bisa menyidik. Sementara hanya Lidik saja, Sidiknya naik ke Polres,” ungkap Kombes Pol Aloysius Suprijadi, Kapolres Metro Bekasi Kota, usai peresmian, Senin (19/4/2021).

Dikatakan, bahwa pemekaran Polsek Pondok Gede tersebut adalah program Kapolri dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, dengan menargetkan satu kecamatan satu Kapolsek. Polrestro Bekasi Kota menunjuk Iptu Santri Dirga sebagai Kapolsek Pra Rural.

Menurutnya, dengan adanya Polsek Pra Rural tersebut, masyarakat Jatisampurna tidak perlu jauh lagi untuk melaporkan seperti laporan kehilangan, pembuatan SKCK dan lainnya. Kasus pidana pun dilayani.

Dia memastikan, proses Pra Rural akan berlangsung selama setahun. Setelah itu dilakukan evaluasi. Sehingga bisa naik tingkat ke selanjutnya, bisa melakukan penyidikan dengan jumlah 30 personel yang membawahi 5 kelurahan di Kecamatan Jatisampurna.

Peresmian kantor Polsek Jatisampurna dihadiri Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi, Ketua DPRD Chairoman J Putro, Dandim 0507, Amin Imanudin Wakil Ketua DPRD. Peresmian tersebut ditandai dengan penandatanganan prasasti.

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi, menyambut baik kehadiran Polsek Jatisampurna yang berbatasan langsung dengan wilayah lain seperti Cibubur dan Kabupaten Bogor, Depok serta Jakarta Timur.

“Yang paling penting adalah sinergitas antara unsur muspika. Harapannya, kinerja semakin mudah dan pelayanan semakin maksimal,” kata Walikota Bekasi, Rahmat Effendi.

Direncanakan, ada beberapa Polsek baru yang  menyusul dan melengkapi Polsek yang saat ini ada 9 Polsek di wilayah Kota Bekasi yang memiliki 12 kecamatan seperti di Mustika Jaya, Rawalumbu.

“Mustika Jaya dan Bekasi Timur sudah ada tanahnya, sedang dilakukan verifikasi untuk kelengkapan menjadi Polsek, di Mustika Jaya dan Bekasi Timur masih tergabung dengan Rawalumbu,” kata Rahmat.

Kapolsek Jatisampurna, Iptu Santri Dirga, memberi keterangan usai peresmian Polsek Pra Rural Jatisampurna, Senin (19/4/2021). Foto: Muhammad Amin

Diketahui, Kapolsek Jatisampurna merupakan Kanit Reskrim di Polsek Pondok Gede. Dia mengatakan, bahwa wilayah Kapolsek memiliki tingkat kriminalitas tinggi seperti ranmor, tawuran dan tempat hiburan.

“Jatisampurna ini, cukup rawan sehari bisa puluhan laporan masuk. Karena di sini tingkat kriminalitas tinggi seperti ranmor, tawuran. Tempat hiburan malam juga ada belasan di wilayah Jatisampurna,” ungkap Iptu Santri Dirga, Kapolsek Jatisampurna.

Lihat juga...