Lebaran CDN

Jelang Lebaran, Harga Sawit Terendah di Mukomuko Rp2.010 per Kilogram

MUKOMUKO  – Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyebutkan harga terendah tandan buah segar kelapa sawit sebesar Rp2.010/kilogram pada tingkat pabrik minyak kelapa sawit di daerah ini, lebih tinggi dibandingkan dengan harga sawit sebelumnya sebesar Rp1.960 per kg.

“Harga terendah TBS kelapa sawit sebesar Rp2.010 per kg di pabrik PT SAP,” kata Kasi Kemitraan dan Perizinan Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Sudianto dalam keterangannya di Mukomuko, Jumat.

Ia mengatakan hal itu setelah menerima data perkembangan harga tandan buah segar kelapa sawit sejak beberapa hari yang lalu dari sebanyak 10 pabrik minyak kelapa sawit yang tersebar di sejumlah wilayah daerah ini.

Ia menyebutkan, dari sebanyak 10 pabrik minyak kelapa sawit di daerah ini, sebanyak empat pabrik minyak kelapa sawit di antaranya membeli TBS kelapa sawit milik petani setempat dengan harga sebesar Rp2.020 per kg.

“Harga pembelian tandan buah segar oleh empat pabrik minyak kelapa sawit di daerah ini masih stabil seperti harga pembelian TBS kelapa sawit sejak beberapa hari yang lalu,” ujarnya.

Begitu juga dengan harga sawit di tiga pabrik minyak kelapa sawit di daerah ini masih bertahan seperti sebelumnya, yakni harga sawit di PT DDP sebesar Rp2.030 per kg, harga sawit di PT BMK sebesar Rp2.080 per kg dan harga sawit di PT GSS sebesa Rp2.070 per kg.

Sedangkan harga sawit di PT Sapta Sentosa Jaya Abadi (SSJA) naik dari sebesar Rp1.960 per kg menjadi Rp2.030 per kg dan harga sawit di PT USM naik dari sebesar Rp2.140 per kg menjadi Rp2.180 per kg.

Ia berharap, harga pembelian tandan buah segar kelapa sawit oleh seluruh pabrik minyak kelapa sawit di daerah ini mengalami peningkatan agar kesejahteraan petani sawit di daerah ini mengalami peningkatan. (Ant)

Lihat juga...