Lebaran CDN

Jelang Lebaran, Petani di Lamsel Panen Cengkih

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

LAMPUNG – Memasuki masa panen cengkih sejumlah petani di Lampung Selatan (Lamsel)  mendapat keuntungan.

Suyatinah, petani di Desa Pasuruan, Kecamatan Penengahan menyebut, cengkih varietas sikotok telah bisa dipanen bertahap. Dibanding masa panen raya, panen penyelang memiliki hasil yang lebih terbatas di setiap pohon.

Buah cengkih yang bernama ilmiah Syzgium aromaticum sebut Suyatinah jadi investasi tahunan. Namun ia menyebut memilih jenis cengkih teknik grafting atau sambung pucuk.

Varietas itu memberinya peluang tanaman bisa berbuah lebih banyak dan cepat. Bagian batang bawah yang cepat tumbuh, dikombinasikan dengan batang atas cepat berbuah dipilihnya.

Saat berbuah Suyatinah bilang cengkih miliknya hanya menghasilkan rata-rata 10 kilogram. Sebab jenis sikotok, silaut yang ditanam olehnya memasuki tahun ke delapan usai tanam.

Produksi akan meningkat seiring batang tanaman yang membesar dan tinggi. Mendapat rata-rata 10 kilogram per pohon ia bisa mendapat 1 kuintal cengkih kering.

“Panen penyelang atau selingan kerap menghasilkan buah yang terbatas namun tetap memberi keuntungan bagi petani. Menjadikan tanaman cengkih sebagai komoditas tumpangsari pada kebun,” terang Suyatinah saat ditemui Cendana News, Senin (26/4/2021).

Suyatinah bilang varietas cengkih sikotok menurutnya memiliki ukuran kecil namun lebat. Saat mendekati panen ia melakukan proses penyortiran buah yang telah matang.

Setelah melalui proses pengeringan cengkih yang telah dipanen akan dibeli pengepul. Pengepul atau cengkau membeli hasil panen petani seharga Rp80.000 hingga Rp90.000 per kilogram.

Masa panen penyelang berbarengan dengan kemarau sebut Suyatinah meningkatkan kualitas cengkih. Proses pengeringan menghasilkan cengkih dengan kadar air rendah.

Permintaan cengkih sebutnya untuk bahan pembuatan rokok juga meningkat jelang Idulfitri. Pasalnya tanaman rempah itu kerap dimanfaatkan sebagai bumbu kuliner daging dan berbagai jenis kue.

“Hasil panen penyelang sebagian disimpan untuk bumbu dapur penyedap masakan,” ulasnya.

Varietas cengkih sikotok sebutnya sudah bisa belajar berbuah saat usia tiga tahun. Memiliki batang kecil saat besar jumlah batang akan bertambah.

Ukuran pohon yang lebih pendek memudahkan petani terutama kaum wanita melakukan pemanenan. Hasil penjualan panen cengkih penyelang sebutnya akan digunakan untuk kebutuhan saat Idulfitri.

Ibrohim, pemilik puluhan tanaman cengkih sistem tumpangsari mengaku panen penyelang masih menghasilkan.

Ia melakukan pemanenan penyelang dengan hasil sekitar 50 kilogram cengkih pada tahap awal panen. Proses panen dengan sortir bisa dilakukan hingga tiga tahap menyesuaikan kelebatan buah. Petani di Desa Kelawi, Kecamatan Bakauheni itu bilang menanam varietas Zanibar.

“Kejayaan cengkih di desa kami ada pada tahun 1990-an silam, kini hanya tersisa regenerasi tanaman baru,” cetusnya.

Rata-rata hasil panen 5 kilogram lebih menyesuaikan usia dan ketinggian pohon cengkih. Memasuki tahap panen penyelang Ibrohim mengaku bisa memanen bagian cangkang dan daun.

Bagi perusahaan rokok dua jenis bahan itu masih bisa dipakai sebagai penambah aroma. Meski harga jual Rp1000 per kilogram masih menghasilkan. Hasil penjualan cengkih, daun, memberinya omzet lebih dari Rp1 juta.

Ibrohim mengaku, kunci mendapatkan hasil panen dengan pemilihan bibit tepat. Varietas zanzibar yang telah dikombinasikan bagian atas dan bawah akan menciptakan bibit berbuah lebat.

Proses pengeringan cengkih milik Ibrohim di Desa Kelawi, Kecamatan Penengahan, Lampung Selatan, Senin (26/4/2021) – Foto: Henk Widi

Pembelian bibit jadi diperoleh dari wilayah Jawa Barat. Usai masa panen penyelang petani akan melakukan pemupukan dan penggemburan tanah agar berbuah lebat pada panen raya.

Komarudin, penyedia bibit cengkih di Desa Rawi, Penengahan, pemilik CV Naura Kanza Indah Lestari mengaku bibit grafting paling diminati.

Jenis cengkih sistem sambung pucuk itu diminati petani karena cepat berbuah. Pohon yang pendek serta cepat panen akan memberi keuntungan meski masa panen penyelang.

Penanaman cengkih sistem tumpangsari juga jadi kunci menghasilkan keuntungan lebih.

Lihat juga...