Lebaran CDN

Jembatan Trans Kalimantan di Mataraman Banjar Selesai Dibangun

Pejabat Gubernur Kalsel, Safrizal ZA, saat meninjau jembatan Matraman Kabupaten Banjar - foto Ant

BANJARMASIN – Pembangunan Jembatan Sungai Salim Mataraman Kabupaten Banjar, yang menjadi jembatan Trans Kalimantan, sudah selesai. Saat ini jembatan sudah dapat dilintasi kendaraan.

“Alhamdulillah, Jembatan Sungai Salim Mataraman kini dapat sudah digunakan, dan dapat dilintasi masyarakat,” kata Penjabat Gubernur Kalmantan Selatan, Dr Safrizal ZA, Kamis (22/4/2021).

Meski belum bisa digunakan sepenuhnya, namun sudah dapat memperlancar arus lalu lintas. Sehingga tidak ada lagi kemacetan di daerah tersebut. Jembatan Sungai Salim Mataraman Kabupaten Banjar, untuk sementara hanya dilintasi pengguna jalan dari arah Banjarmasin menuju Hulu Sungai.

Sebaliknya, pengendara dari Hulu Sungai ke Banjarmasin, masih harus melewati jembatan darurat. “Jadi, arah Banjarmasin ke Hulu Sungai melewati Jembatan Salim, sementara arah sebaliknya masih menggunakan jembatan darurat,” jelasnya.

Selain itu, tonase kendaraan yang melintas juga masih dibatasi, meski sudah bisa dilewati kendaraan roda enam. Safrizal yakin, pengeoperasian Jembatan Sungai Salim Mataraman secara penuh dapat dilakukan sesuai target, yaitu akhir April 2021

Kepala Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) XI Kalsel, Syauqi Kamal mengatakan, pembukaan jembatan dilakukan sejak Senin (19/4/2021) lalu. Saat ini pengerjaan lanjutan jembatan memasuki tahapan pengerjaan oprit. Pengoperasian awal hanya untuk kendaraan bermuatan tak lebih dari 10 ton yang boleh melintas, karena masih dalam proses pengerasan cor jembatan, serta untuk menjaga agar lintasan jembatan tak cepat rusak. Syauqi optimistis, pengerjaan dapat rampung sesuai target, sehingga masyarakat dapat menggunakan sebagaimana mestinya. (Ant)

Lihat juga...