Lebaran CDN

Jus Kurma Jaga Stamina Saat Puasa

Editor: Koko Triarko

PURWOKERTO – Selama menjalani puasa, memilih makanan dan minuman yang sehat dan mampu menunjang daya tahan tubuh menjadi pilihan utama. Salah satu minuman yang mendadak sering dikonsumsi adalah jus kurma. Selain nikmat, jus kurma juga sehat dan meningkatkan stamina tubuh.

Ibu Bupati Banyumas, Erna Husein, merupakan salah satu yang sangat gemar jus kurma dan menjadi hidangan wajib saat berbuka maupun sahur. Biasanya jus kurma dibuat dengan dicampur salah satu buah, misalnya strawbery atau jeruk, untuk memberikan cita rasa yang berbeda.

“Selama menahan haus dan lapar selama 12 jam lebih, maka tubuh kita harus mempunyai asupan nutrisi dan vitamin yang cukup, supaya tetap bugar dan sehat, terlebih di tengah situasi pandemi Covid-19 seperti sekarang ini. Karenanya, kurma menjadi pilihan saya, dan supaya tidak bosan mengkonsumsi kurma terus-menerus, saya buat jus juga, dengan campuran buah lainnya,” tuturnya, Sabtu (24/4/2021).

Ibu Bupati Banyumas, Erna Husein di Purwokerto, Sabtu (24/4/2021). -Foto: Hermiana E. Effendi

Lebih lanjut Erna menyampaikan, untuk membuat jus kurma cukup mudah dan cepat. Namun, ia menyarankan sebaiknya tidak menggunakan es yang terlalu banyak, baik pada saat berbuka maupun sahur.

Pertama buah kurma direndam beberapa saat, kemudian biji kurma dibuang dan baru dibuat jus. Bisa dengan mencampur irisan strawbery atau beberapa potong buah jeruk, kemudian diberi susu.

“Kurmanya jangan terlalu banyak, untuk satu gelas jus cukup 6-7 biji saja. Kemudian dicampur buah strawbery dan susu, kalau saya seringnya tidak menggunakan es saat membuat jus kurma untuk sahur. Kalau untuk berbuka, boleh pakai es, tetapi lebih baik sedikit saja,” jelasnya.

Erna menuturkan, banyak sekali manfaat dari buah kurma. Selain mengandung vitamin A, vitamin B kompleks dan vitamin C, buah kurma juga kaya akan zat besi serta kalsium. Sehingga sangat cocok dijadikan sebagai amunisi tubuh selama menjalani puasa.

“Asupan nutrisi dan vitaminnya lengkap dan jika dikonsumsi saat sahur, akan menumbuhkan energi untuk beraktivitas, karena dalam kurma juga mengandung glukosa,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Banyumas, Sadiyanto, menjelaskan, buah kurma memiliki banyak sekali manfaat. Selain sebagai sumber energi, juga menguatkan tulang dan gigi, menurunkan kadar kolesterol, melancarkan percernaan serta mencegah anemia atau kurang darah.

“Selama menjalani puasa, biasanya banyak yang mengalami anemia, hal ini bisa dicegah sebenarnya, antara lain dengan rutin mengkonsumsi kurma,” terangnya.

Lihat juga...