Lebaran CDN

KAI Divre IV Uji Coba Penggunaan GeNose C19 di Empat Stasiun

Tes GeNose 19 di stasiun oleh PT KAI Divre IV  - Foto Ant

BANDARLAMPUNG – PT KAI Divre IV Tanjungkarang, menguji coba penggunaan GeNose C19 di Stasiun Tanjungkarang, Kotabumi, Martapura dan Baturaja.

“Kita kemarin melakukan uji coba penggunaan alat tes COVID-19, berupa GeNose C19 di empat stasiun di wilayah Divre IV Tanjungkarang,” kata Manager Humas PT KAI Divre IV Tanjungkarang, Jaka Jarkasih, Senin (26/4/2021).

Menurutnya, GeNose C19 diperuntukkan bagi para calon penumpang pengguna kereta jarak jauh. Seperti penumpang KA Rajabasa tujuan Tanjungkarang, Lampung-Kertapati Palembang Sumatera Selatan.

Di masing-masing stasiun, telah dilakukan uji coba kepada beberapa calon penumpang KA Rajabasa. Di Stasiun Tanjungkarang dengan jumlah layanan 54 orang, Stasiun Kotabumi jumlah layanan tiga orang, Stasiun Martapura dengan jumlah layanan nol, dan Stasiun Baturaja dengan jumlah layanan 21 orang. “Kita sudah melakukan uji coba kepada calon penumpang, ini lebih efektif karena tidak membutuhkan waktu yang lama cukup dua menit hasil sudah bisa diterima,” kata Jaka.

Menurutnya, untuk bisa melakukan pemeriksaan GeNose C19, para penumpang bisa langsung datang ke stasiun. Dan ada beberapa langkah yang perlu diperhatikan oleh penumpang, yakni calon penumpang kereta api jarak jauh wajib menunjukkan tiket atau kode booking yang sudah dibayarkan lunas.

Serta kartu identitas asli, calon penumpang dianjurkan tidak makan atau minum, serta tidak merokok, 30 menit sebelum melakukan proses pengambilan sampel melalui embusan napas ke kantong udara.

Selanjutnya, melakukan pengambilan sampel dengan kantong udara pada layanan GeNose C19, dengan melakukan pengambilan napas yang dalam melalui hidung dan diembuskan melalui mulut sebanyak tiga kali.

Pengambilan napas pertama dan kedua diembuskan melalui mulut dengan masker tertutup, pengambilan napas ketiga diembuskan dengan meniup ke dalam kantong udara sampai dengan kondisi kantong udara penuh. Setelah kantong udara terisi penuh, segera tekan katup berwarna biru untuk menutup kantong udara. “Bagi penumpang yang ingin melakukan tes GeNose, disarankan untuk melakukannya pada H-1 keberangkatan. Biaya pengecekan GeNose C-19 sebesar Rp 30.000,” pungkasnya. (Ant)

 

Lihat juga...