Lebaran CDN

Keberadaan Warung Cerdas Wanareja Angkat Perekonomian Warga Sekitar

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

CILACAP — Keberadaan Warung Cerdas Wanareja, Kabupaten Cilacap mengangkat perekonomian warga sekitar. Salah satunya adalah Kios Surya Buah yang sampai saat ini sudah menjual kurma total hingga 45 ton.

Pemilik Kios Surya Buah, Suryanto di kiosnya, Kamis (29/4/2021). (FOTO : Hermiana E.Effendi)

Surya Buah menempati salah satu kios yang disewakan oleh Warung Cerdas Wanareja. Pemilik kios, Suryanto mengatakan, sangat beruntung bisa menggelar dagangan di area tersebut, sebab letaknya sangat strategis dan sewa kiosnya juga tidak mahal.

“Sampai sekarang total penjualan buah kurma sudah mencapai 4.500 karton atau 45 ton. Hari ini juga datang lagi 270 karton kurma,” jelasnya, Kamis(29/4/2021).

Suryanto mengatakan, ia membeli kurma dari Jakarta dan selalu memilih yang kualitasnya bagus. Kurang lebih ada tujuh jenis kurma yang dijualnya, yaitu mulai dari Kurma Sayer, Kurma Al Amal, Kurma Golden Valeey, Kurma Khalas, Kurma Tunisia, Kurma Sukari dan Kurma Azwa. Dari jenis-jenis tersebut yang paling ramai di pasaran yaitu Kurma Golden Valley yang berasal dari Mesir.

“Kurma Golden Valley ini harganya untuk kalangan menengah ke bawah, sehingga banyak yang beli karena terjangkau. Namun sebenarnya kurma yang paling enak dan best seller adalah Kurma Sukari yang berasal dari Saudi,” tuturnya.

Terkait banyaknya jenis-jenis kurma tersebut, Suryanto memberikan tips kepada masyarakat dalam memilih buah kurma. Pertama pilih kurma yang kondisinya secara fisik terlihat bersih dan masih utuh. Selain itu juga tidak berbau, periksa terlebih dahulu terdapat jamur atau tidak dan terlihat segar.

Meskipun penjualan kurma meningkat tajam dalam bulan puasa ini, namun Suryanto memilih untuk tetap mengambil stok kurma secara bertahap. Minimal ia mengambil 100 kardus untuk satu kali pemesanan. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga stok kurma selalu fress, karena merupakan barang baru dan tidak disimpan dalam jangka waktu terlalu lama.

“Menjaga kualitas barang dagangan mutlak harus dilakukan, karena hal tersebut menyangkut kepercayaan konsumen, jadi harus benar-benar dijaga, karena itu untuk stok bertahap saja disesuaikan dengan permintaan pasar,” katanya.

Wilayah pemasaran kurma, selama ini lebih dominan di wilayah Cilacap bagian barat hingga ke perbatasan Jateng-Jabar. Bahkan salah satu pelanggan kurma yang paling banyak pesanannya berasal dari Jawa Barat, yaitu Ibu Rina. Jumlah pesanan Ibu Rina sudah hampir 800 karton kurma.

Pelanggan lainnya yaitu Azam dari Cilacap. Ia selalu membeli kurma di Kios Surya Buah karena kualitasnya terjamin dan harganya juga bersahabat. “Kurma di kios Pak Suryanto ini kualitasnya dijamin bagus, jadi tidak perlu khawatir,” katanya.

Sementara itu, Manager KUD Utama yang mengelola Warung Cerdas di Kecamatan Wanareja, Sudaryanto menyebutkan, Warung Cerdas memberi kesempatan kepada masyarakat untuk membuka usaha, ada lima kios yang disewakan bagi warga yang ingin memulai usaha di lokasi strategis tersebut.

Dengan adanya kios-kios tersebut, lokasi Warung Cerdas menjadi pusat ekonomi serta keramaian baru di Wanareja.

“Rencana besar kita memang membangun semacam rest area di sini, karena tempatnya juga masih luas,” tuturnya.

Keberadaan Warung Cerdas yang kini beromset ratusan juta ini, sebenarnya diawali dengan penuh keraguan. Namun, atas dorongan Ketua Yayasan Damandiri, Subiakto Tjakrawerdaya, warung tersebut akhirnya berdiri dengan megahnya.

Lihat juga...