Lebaran CDN

Kolak Kombinasi, Menu Berbuka Puasa yang Segar dan Mengenyangkan

Editor: Mahadeva

Kolak ubi jalar dengan campuran kolang kaling jadi menu untuk menu berbuka puasa dengan rasa manis, gurih semakin nikmat diberi campuran es, Sabtu (24//4/2021) - foto Henk Widi

LAMPUNG – Kolak, adalah salah satu sajian kuliner yang kerap hadir di dalam daftar menu berbuka puasa. Kolak bisa dibuat oleh siapa saja dengan mudah, karena berbahan sederhana.

Stevani, warga Bumi Waras, Telukbetung, Bandarlampung, salah satu penyuka kolak, mengkreasikan sejumlah bahan untuk menciptakan varian kolak yang lembut dan lezat. Stevani menggunakan pisang kepok, ubi jalar madu, labu kuning, dan kolang kaling, untuk membuat kolak. Bahan-bahan tersebut diolah dengan santan kelapa kental, gula aren, vanili, gula pasir, dan daun pandan.

Setelah semua bahan utama dipotong kecil kemudian dicuci dengan air. Rebus gula pasir, gula aren, santan kelapa, pandan dan garam. Setelah mendidih, potongan pisang kepok, ubi jalar madu, labu kuning dan kolang kaling dimasukan. Kemudian diberi tambahan vanili.

Tunggu sebentar, sampai semua bumbu meresap ke dalam bahan. “Proses pematangan kolak sebaiknya jangan terlalu lama,agar tidak hancur dan santan tidak pecah, agar lebih wangi beri tambahan berupa daun pandan untuk memberi sensasi dan aroma harum saat disajikan,” terang Stevani kepada Cendana News, Sabtu (24/4/2021).

Stevani membutuhkan waktu sekira lima belas menit, untuk mematangkan kolak. Faktor kematangan labu kuning, ubi jalar madu, pisang dan kolang kaling menentukan rasa saat disajikan. Caranya, saat air belum begitu matang, tutup panci untuk mematangkan semua bahan hingga empuk dan siap disajikan.

Kuliner kolak kombinasi tersebut dikliam Stevani memiliki kandungan bahan yang kaya akan gizi. Rasa manis dari gula aren dan gula putih, bisa menggantikan energi setelah seharian beraktivitas.  “Tambahkan es dalam mangkuk yang diberi kolak agar semakin menyegarkan, dan mengenyangkan,” cetusnya.

Suwarso, salah satu pedagang bahan kuliner menyebut, pisang kepok, labu kuning, labu madu, ubi jalar hingga singkong, sering dibeli untuk membuat kolak. Bahan-bahan kuliner tersebut banyak dicari saat Ramadan.  “Dominan bahan buah yang saya sediakan untuk pembuatan menu takjil salah satunya kolak,” terangnya.

Lihat juga...