Kondisi di Beoga-Puncak Saat Ini Sudah Normal

JAKARTA – Kepala Satgas Humas Operasi Nemangkawi, Kombes Pol Iqbal Alquddussy, mengatakan kondisi terkini di Distrik Beoga, Kabupaten Puncak, Papua, kembali normal setelah insiden penembakan dan pembakaran sejumlah fasilitas oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

“Masyarakat sudah beraktivitas seperti biasa. Mama-mama sudah berjualan di pasar,” kata Kombes Iqbal, dalam keterangan tertulis diterima di Jakarta, Jumat (16/4/2021).

Menurut Iqbal, Jumat ini warga Beoga kembali beraktivitas normal, begitu juga dengan transportasi umum telah beroperasi, termasuk penerbangan di Bandara Aminggaru, Ilaga.

“Pesawat sudah empat kali terbang hari ini,” kata Iqbal.

Terkait aktitivitas pengungsian, menurut Iqbal tidak ada warga yang mengungsi. Fakta di lapangan memang ada warga yang turun ke Timika untuk mencari bahan makanan, serta mengunjungi sanak saudaranya.

“Kalau ada yang sebut warga mengungsi, faktanya tidak ada. Ada pun masyarakat yang turun ke Timika mencari bahan makanan, berkunjung ke keluarga dan sebagainya,” kata Iqbal.

Iqbal menambahkan, TNI-Polri telah mempertebal keamanan dengan menurunkan pasukan di Beoga. Fokus utamanya adalah menjamin keamanan warga.

“TNI-Polri hadir untuk menjamin keamanan, melindungi aktivitas masyarakat. Patut disyukuri, anak-anak sudah kembali bermain,” kata Iqbal.

Lihat juga...