Lebaran CDN

Koperasi Jaya Mandiri Sejahtera Badegan Terapkan ‘Financial Technology’

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

PONOROGO – Meski terletak di kawasan cukup terpencil di provinsi Jawa Timur, Koperasi Jaya Mandiri Sejahtera yang merupakan koperasi binaan Yayasan Damandiri di Desa Cerdas Mandiri Lestari (DCML) Badegan, Ponorogo, diketahui telah memanfaatkan financial technology atau  fintech dalam menjalankan kegiatannya.

Selain menjadi sebuah inovasi yang mampu memudahkan sistem keuangan koperasi, pengaplikasian financial technology atau penggabungan sistem keuangan dengan teknologi ini juga menjadi sebuah terobosan baru dalam upaya pembangunan desa lewat koperasi yang dilakukan Yayasan Damandiri.

Manajer Umum Koperasi Jaya Mandiri Sejahtera, Wahyu Bintoro, mengatakan penerapan fintech di DCML Badegan telah dimulai sejak Yayasan Damandiri pertama kali melakukan pendampingan dan mendirikan Koperasi Jaya Mandiri tahun 2019 silam. Penerapan fintech dinilai menjadi syarat wajib agar koperasi desa, tidak tertinggal di zaman yang sudah serba digital seperti sekarang ini.

“Saat ini zamannya kan sudah serba digital. Apa-apa sudah menggunakan sistem aplikasi. Karena itu koperasi di desa pun juga harus mengikuti zaman. Terobosan dan inovasi mau tidak mau harus dilakukan agar koperasi desa tidak ketinggalan dengan lembaga keuangan lainnya,” ujarnya, Senin (19/4/2021).

Salah satu contoh penerapan fintech di DCML Badegan, khususnya Koperasi Jaya Mandiri Sejahtera adalah pemanfaatan aplikasi Sakti dalam sistem keuangan. Aplikasi buatan tim Yayasan Damandiri ini, dapat membantu pengurus koperasi dalam menjalankan kegiatan seperti misalnya terkait pelaporan keuangan.

“Aplikasi ini sangat membantu jalannya kegiatan unit usaha simpan pinjam Modal Kita yang ada di koperasi. Karena pengerjaan laporan keuangan sudah dilakukan secara online sehingga langsung terkoneksi dengan pihak yayasan. Sehingga lebih mudah dalam urusan pengecekan,” bebernya.

Wahyu berharap ke depan, penerapan teknologi digital terbaru di Koperasi Jaya Mandiri Sejahtera Badegan, dapat semakin ditingkatkan. Tidak hanya terkait pengelolaan sistem keuangan koperasi dan unit usaha simpan pinjam Modal Kita saja, namun juga dalam berbagai program maupun kegiatan lainnya di masyarakat.

Dengan demikian manfaat penerapkan teknologi terbaru semacam ini, tidak hanya bisa dirasakan oleh para pengurus koperasi saja, namun juga oleh seluruh warga Desa Badegan. Dimana setiap proses kegiatan yang berkaitan dengan koperasi bisa dilakukan secara lebih mudah, cepat dan efisien.

Sebagaimana diketahui Yayasan Damandiri menetapkan Desa Badegan Ponorogo Jawa Timur sebagai desa binaan sejak tahun 2019 lalu. Lewat program Desa Cerdas Mandiri Lestari yang juga dijalankan di 15 desa di Indonesia, Yayasan Damandiri berupaya mengatasi persoalan ekonomi dan kemiskinan di desa ini lewat pendirian koperasi.

Selain menggelontorkan dana miliaran rupiah untuk mengangkat perekonomian warga, Yayasan Damandiri juga melakukan berbagai program pemberdayaan sosial baik itu di sektor pendidikan, lingkungan hingga kesehatan.

Diharapkan dalam waktu 5 tahun Desa Badegan bisa terlepas dari persoalan kemiskinan dan seluruh warganya meningkat kesejahteraannya.

Lihat juga...