Lebaran CDN

Koperasi Jaya Mandiri Sejahtera Bantu Modal 800 Warga Miskin

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

PONOROGO – Meski baru sekitar satu tahun berdiri, Koperasi Jaya Mandiri Sejahtera diketahui telah mampu memberikan manfaat secara langsung bagi ratusan warga di Desa Cerdas Mandiri Lestari (DCML) Badegan, Ponorogo, Jawa Timur.

Dalam rangka menggerakkan perekonomian desa, Koperasi Jaya Mandiri Sejahtera yang merupakan koperasi binaan Yayasan Damandiri aktif memberikan akses modal usaha bagi warga miskin atau kurang mampu sejak setahun terakhir.

Manajer Umum Koperasi Jaya Mandiri Sejahtera, Wahyu Bintoro, mencatat hingga saat ini telah ada sebanyak 800 warga desa anggota koperasi mendapat bantuan modal usaha lewat unit Modal Kita.

Manajer Umum Koperasi Jaya Mandiri Sejahtera, Badegan, Ponorogo, Jawa Timur, Wahyu Bintoro, dijumpai Selasa (13/4/2021) – Foto: Istimewa

Jumlah itu tersebar di 8 kelompok dusun. Dimana mayoritasnya merupakan warga miskin atau kurang mampu dari kelompok keluarga pra-sejahtera maupun sejahtera 1.

“Setiap warga penerima bantuan rata-rata mendapatkan pinjaman modal usaha sebesar Rp1-2 juta. Total dana yang bergulir hingga saat ini telah mencapai sekitar Rp1,5 miliar. Semua berasal dari gelontoran pinjaman Yayasan Damandiri,” ujar Wahyu, Selasa (13/4/2021).

Adanya program akses modal usaha bagi warga miskin atau kurang mampu tersebut jelas memberikan manfaat luar biasa bagi perekonomian Desa Badegan, Ponorogo, Jawa Timur. Selain mampu mendorong warga untuk memulai usaha, adanya bantuan modal usaha tersebut juga terbukti mampu meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan warga.

“Rata-rata bantuan modal usaha bagi warga kurang mampu ini dimanfaatkan untuk memulai dan mengembangkan usaha. Karena dari sekitar 1200 KK yang ada di Desa Badegan, mayoritas warga berprofesi sebagai pedagang,” ungkapnya.

Sebagai diketahui, sejak tahun 2017 lalu Yayasan Damandiri aktif melakukan pemberdayaan di sebanyak 15 desa di Indonesia. Lewat program Desa Cerdas Mandiri Lestari, Yayasan Damandiri menggelontorkan dana miliaran rupiah untuk mengatasi persoalan kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan warga di 15 desa binaan tersebut.

Selain menjalankan berbagai program pemberdayaan ekonomi mulai dari mendirikan koperasi, hingga memberikan akses modal usaha, Yayasan Damandiri juga aktif meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidup masyarakat lewat berbagai upaya pemberdayaan baik itu di bidang pendidikan, lingkungan hingga kesehatan.

Lihat juga...