Koperasi Kartini Mandiri Lestari Pasarean Galang Infak Bantu Kegiatan Sosial

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

BOGOR – Sejak dicanangkan tahun 2018 silam, Yayasan Damandiri tak henti melakukan upaya pengentasan kemiskinan di Desa Pasarean, Pamijahan, Bogor, Jawa Barat, sebagaimana tujuan program Desa Cerdas Mandiri Lestari (DCML) di desa tersebut.

Selain memberikan bantuan akses pinjaman modal usaha untuk meningkatkan perekonomian warga, yayasan yang didirikan HM Soeharto ini juga aktif menyalurkan berbagai program bantuan sosial di sejumlah bidang seperti pendidikan, kesehatan, hingga lingkungan.

Meski tak lagi sepenuhnya mendapatkan gelontoran dana dari Yayasan Damandiri, namun Koperasi Kartini Mandiri Lestari Pasarean selaku pelaksana program DCML, hingga tahun 2021 ini tetap menjalankan program bantuan sosial tersebut.

Hal ini menjadi bukti kemandirian desa dalam mewujudkan keberlanjutan program yang telah dirintis Yayasan Damandiri sejak dua tahun silam.

Manajer Umum Koperasi Kartini Mandiri Lestari Pamijahan, Bogor, Jawa Barat, Hamidah, mengaku, tetap meneruskan program sosial yang dirintis Yayasan Damandiri sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan seluruh warga desa. Baik itu bantuan bagi lansia, posyandu balita, anak yatim, hingga sejumlah PAUD.

Manajer Umum KUD Kartini Mandiri Lestari Pasarean Pamijahan Bogor Jawa Barat, Hamidah, saat dijumpai Cendana News, Rabu (7/4/2021). Foto: Istimewa

“Kalau dulu bantuan sosial kita dapatkan dari Yayasan Damandiri. Sekarang kegiatan sosial masih berjalan, tapi semua dananya berasal dari infak seluruh anggota koperasi. Karena kami menerapkan semua anggota untuk berinfak setiap bulannya guna membantu sesama,” katanya, Rabu (7/4/2021).

Lebih lanjut Hamidah menjelaskan, hingga Februari 2021, kemarin, total jumlah dana infak yang terkumpul tercatat telah mencapai Rp19.971.300. Seluruh dana tersebut akan disalurkan kepada warga yang membutuhkan. Yakni setiap bulannya berkisar Rp1.000.000-Rp3.000.000.

“Mungkin yang kami berikan tidak banyak, tapi ini kita lakukan sebagai bentuk kebersamaan dan kepedulian, sekaligus bentuk gotong royong antar seluruh anggota sesuai dengan asas koperasi,” ungkapnya.

Sebagaimana diketahui, sejak tahun 2018, Yayasan Damandiri menjadikan Desa Pasarean, Pamijahan, Bogor, Jawa Barat sebagai desa binaan. Melalui program Desa Cerdas Mandiri Lestari yang dijalankan Koperasi Kartini Mandiri Lestari, Yayasan Damandiri berupaya mengatasi persoalan kemiskinan di desa berpenduduk 2964 KK ini.

Selain menggerakkan sektor ekonomi dengan memberikan pinjaman modal usaha bagi warga miskin atau kurang mampu, Yayasan Damandiri, juga aktif menjalankan berbagai program pemberdayaan.

Baik itu di bidang pendidikan, kesehatan, lingkungan hingga sosial. Semua itu dilakukan demi meningkatkan kesejahteraan seluruh warga desa.

Lihat juga...