Lezatnya Tumis Cumi, Kuliner Khas Pesisir Lamsel

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

LAMPUNG – Melimpahnya hasil tangkapan nelayan salah satunya cumi-cumi, jadi salah satu sajian kuliner khas di Lampung Selatan (Lamsel).

Aminah, juru masak di warung Daffa, Bakauheni, Lampung Selatan bilang, cumi-cumi jadi bahan olahan boga bahari atau seafood. Bahan baku cumi-cumi sebutnya bisa dijadikan olahan dengan cara digoreng, tumis, bakar dan variasi olahan kuliner lainnya.

Aminah, juru masak di warung Daffa menyiapkan berbagai bumbu untuk memasak tumis cumi sayur, Sabtu (3/4/2021) – Foto: Henk Widi

Aminah mengaku cumi-cumi kerap diolah dengan cara ditumis bersama dengan sayuran. Tumis cumi sayuran jadi varian olahan untuk kebutuhan pelanggan yang menyukai olahan hasil laut.

Bahan utama cumi dicampurkan dengan sayuran berupa wortel, paprika, brokoli, bawang merah, labu kuning, brokoli, dan timun. Penambahan sayuran jadi cara agar olahan boga bahari berbahan cumi lebih bervariasi.

Proses pembuatan tumis cumi sebut Aminah cukup mudah. Bahan utama berupa cumi-cumi yang telah dibersihkan lalu dipotong ukuran kecil. Selanjutnya cumi-cumi ditumis dengan saos tiram.

Tambahkan wortel, labu kuning, brokoli dan sejumlah sayuran lalu ditumis bersama cumi-cumi . Beberapa jenis bumbu berupa bawang merah, tomat dan bumbu gula, garam, lada dan kaldu ditaburkan.

“Semua bahan yang telah ditumis akan diperiksa rasa hingga pas, jika belum pas bisa ditambahkan lagi dengan penyedap rasa hingga aroma harum muncul, sayuran yang ditumis dalam kondisi matang juga dicek sebelum disajikan,” terang Aminah saat ditemui Cendana News, Sabtu (3/4/2021).

Aminah menyebut menu cumi tumis sayuran jadi olahan yang kerap disajikan warga pesisir. Dijual dalam bentuk sayuran tumis cumi jadi menu tambahan untuk nasi bungkus (take away).

Menu cumi tumis sayuran juga kerap dipesan pelanggan yang makan di tempat (dine in). Hidangan penuh gizi tersebut jadi varian olahan selain menu ikan laut yang disediakan warung Daffa.

Jarnah, pengelola warung Daffa menyebut cumi-cumi tumis sayuran digemari. Sebab bagi sebagian pelanggan dengan adanya sayuran labu, bercampur dengan cumi-cumi kerap disantap tanpa nasi.

Hidangan olahan laut sebutnya jadi pilihan untuk dinikmati kala akhir pekan. Ia menyebut menu itu kerap dipesan oleh sejumlah ibu rumah tangga yang tidak sempat memasak.

“Lokasi warung yang ada di sekitar area pelabuhan, perkantoran membuat pesanan cumi tumis sayuran cukup diminati,” terangnya.

Harga seporsi nasi lengkap dengan ikan goreng, cumi tumis sayuran dijual olehnya seharga Rp10.000. Harga yang cukup terjangkau sebutnya membuat pelanggan kerap makan di warung miliknya.

Bahan utama kuliner tersebut juga mudah diperoleh dari tempat pendaratan ikan Muara Piluk Bakauheni. Pengolahan cumi menjadi lauk ikut memberi nilai tambah bagi warga pelaku usaha kuliner.

Ernawati, salah satu pelanggan menyebut menyukai menu cumi tumis sayuran. Memiliki kandungan gizi yang bagus ia kerap menyantapnya dengan nasi hangat.

Olahan tumis cumi sayuran jadi varian olahan sayuran yang memiliki kelezatan saat disantap. Cumi tumis sayuran sebutnya kerap jadi menu yang tepat untuk anak-anak. Sebab anak yang kerap sulit makan sayuran bisa lebih memiliki nafsu makan.

“Cumi tumis sayuran jadi salah satu varian menu untuk dihidangkan bagi anak-anak karena kandungan gizi yang bagus,” cetusnya.

Wati, penjual ikan dan cumi-cumi menyebut hasil tangkapan jadi bahan baku olahan boga bahari. Memasuki awal April saat bulan mati hasil tangkapan cumi-cumi banyak diperoleh nelayan.

Per kilogram cumi-cumi dijual olehnya seharga Rp35.000 per kilogram. Bahan baku cumi-cumi kerap bisa diolah dengan cara dibakar, ditumis atau digoreng.

Lihat juga...