Lebaran CDN

Lumpia Banyak Diburu Untuk Berbuka Puasa di Bekasi

Editor: Koko Triarko

BEKASI –  Aneka gorengan menjadi buruan sebagian orang untuk dijadikan menu berbuka puasa. Salah satunya adalah lumpia, yang memiliki varian isi sayuran, bengkoang, ebi, wortel, dan lainnya, dicampur menjadi satu.

Lumpia menjadi salah satu yang diburu, di samping, bakwan, risol, tahu isi otak-otak, dan pastel atau pun pisang goreng. Jajanan khas Semarang tersebut banyak digemari, karena memiliki lembaran tipis tepung gandum dijadikan sebagai pembungkus isiannya, yang terasa saat dikunyah.

Warsih, penjual aneka takjil dan gorengan di bundaran Kecapi, Jatiwarna, Kota Bekasi, Sabtu (24/4/2021). –Foto: M Amin

“Sangat banyak diminati di samping jenis gorengan lainnya. Tapi, memang harga lumpia lebih mahal, satuan bisa Rp5.000. Tapi, bisa mengeyangkan, dimakan dengan saus pedas atau bumbu kacang yang disiapkan,”ungkap Bu Warsih, penjual aneka gorengan di Sekitaran Bundaran Kecapi Jatiwarna, Kota Bekasi, kepada Cendana News, Sabtu (24/4/2021).

Isian Lumpia, lanjut Warsih, sebenarnya bisa disesuaikan dengan selera, tapi lebih dikenal dengan isian bengkoang, wortel, ebi dan lainnya. Lumpia hampir mirip dengan risol yang juga banyak diburu untuk menu berbuka puasa.

Bahkan, jelasnya, untuk lumpia dan risol biasanya banyak orang pesan khusus begitu buka langsung dijemput oleh ojek. Bahkan, ada di antaranya pesan melalui ojek online untuk dibuatkan dan begitu jadi langsung dibawa. Sekali pesan bisa 20 lumpia.

Menurutnya, puasa tahun ini omzetnya menurun dibanding biasanya. Ia mengaitkan karena suasana pandemi Covid-19, ditambah suasana cuaca setiap menjelang sore sejak memasuki bulan sucir Ramadan selalu hujan.

“Hanya ada beberapa hari tidak hujan menjelang sore hari, sehingga jumlah orang ngabuburit dan berburu menu berbuka cukup banyak. Tapi jika hujan, maka sepi, jangankan pembli kami pun harus berteduh karena tempatnya hanya sementara, tidak permanen,”jelas Warsih.

Selain Lumpia, aneka gorengan lainnya yang dihampar di meja khusus bisa didapatkan di lapak berbuka puasa milik Warsih, seperti pisang goreng, tahu isi, bakwan, risol dan lainnya.  Anke gorengan tersebut diambil dari berbagai ibu-ibu yang menitipkan untuk di jual  pada lapak ditempatnya.

Warsih mengaku untuk omzet lumayan besar, jika cuaca mendukung. Tapi, kalau hujan makan banyak sisanya, tidak terjual seperti dua hari terakhir ini, banyak sisanya. Dan, jika tidak terjual maka akan dibagi-bagikan ke masjid atau tempat lainnya supaya berkah.

Pemburu aneka gorengan, Mang Dudung, mengaku menu favorit pembuka puasa di samping minuman serba manis harus ada gorengan seperti Lumpia. Saat buka puasa makan satu lumpia bisa sebagai pengganjal sebelum untuk menunaikan ibadah magrib.

“Terkadang saya bawa ke masjid, kalau lumpia langsung ludes, ketika bedug, Lumpia memang disukai karena bentuk dan isiannya yang memiliki citara rasa khas,” tukasnya.

Lihat juga...