Lebaran CDN

Manfaatkan Plastik Bekas Hasilkan Ratusan Ribu per Bulan

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

YOGYAKARTA – Seorang ibu rumah tangga asal Dusun Kanoman, Panjatan, Kulon Progo, Arin Hidayaningsih (32) mampu mendapatkan penghasilan tambahan dari mengolah sampah plastik menjadi produk berupa hiasan bunga.

Meski hanya memanfaatkan barang bekas berupa plastik kresek warna-warni, namun siapa sangka ibu satu anak itu bisa menyulapnya menjadi hiasan cantik aneka rupa, yang laku dijual hingga puluhan ribu per buahnya.

Ditemui Cendana News Rabu (21/4/2021), Arin mengaku mulai menekui usaha sambilan itu sejak setahun terakhir. Awalnya ia mengaku hanya diminta mengikuti pelatihan pengolahan barang bekas yang diselenggarakan salah satu bank sampah induk di Kulon Progo.

“Awalnya hanya ikut pelatihan. Setelah itu coba-coba di rumah. Ternyata berhasil dan banyak yang suka. Lalu saya kembangkan dengan membuat aneka jenis bunga lainnya, untuk saya jual,” katanya.

Memproduksi aneka jenis hiasan bunga plastik seperti anggrek, mawar, krisan, bunga matahari hingga daun janda bolong, Arin mengaku mampu mengantongi ratusan ribu rupiah setiap bulannya. Penghasilan tambahan itu ia dapat dari menjual produk kerajinannya baik secara offline maupun online.

“Pembuatannya cukup mudah. Pertama buat pola bunga yang dikehendaki. Lalu siapkan bahan berupa tas kresek. Setrika dan tumpuk tas kresek itu sesuai warna. Potong dan tinggal rangkai menjadi bunga,” katanya.

Dalam sehari, Arin mengaku mampu membuat 5-10 hiasan bunga dari bahan plastik bekas. Satu hiasan bunga plastik itu biasa ia jual seharga Rp15 ribu-Rp35 ribu per buah. Selain menjual produk tersebut di rumahnya sendiri, Arin juga kerap menjual produknya ke sejumlah acara.

“Ya lumayanlah. Karena selain bisa mengurangi sampah plastik di rumah, juga bisa untuk mengisi kesibukan di waktu luang. Apalagi bisa menjadi sumber pemasukan tambahan,” katanya.

Lihat juga...