Lebaran CDN

Manisnya Apem Cucur, Cocok untuk Berbuka Puasa

Editor: Mahadeva

SEMARANG – Masyarakat Jawa, sudah pasti familier dengan apem, sebuah kue sederhana berbahan tepung beras. Kue apem, kerap dijadikan panganan wajib saat perayaan. karena selain rasanya yang manis, ada makna filosofi yang terkandung didalam namanya.

Namun terlepas filosofi tersebut, setiap kali Ramadan kue apem ternyata juga menjadi buruan masyarakat untuk menu berbuka puasa. Terlebih jika dicampur dengan kuah santan gula jawa, rasanya yang manis legit, dan empuk, sangat pas untuk berbuka puasa.

“Ini namanya kue apem cucur gula jawa. Bahannya sama seperti membuat apem pada umumnya, namun ukurannya lebih kecil dan empuk. Cara makannya berbeda, harus dicucur atau dicocol dengan kuah santan gula jawa, agar terasa lebih manis,” papar Pujiati, pedagang kue apem cucur saat ditemui di kawasan Mangunsarkoro Semarang, Sabtu (24/4/2021).

Tidak hanya rasanya yang enak, cara penyajian kue apem cucur milik Pujiati juga menarik. Apem cucur disajikan menggunakan pincuk atau bungkus daun pisang. “Daun pisang ini juga memberi aroma yang khas pada kue apem. Baunya terasa lebih wangi, apalagi dalam kuah gula jawa tersebut, juga diberi daun pandan. manis dan wangi, cocok buat buka puasa,” lanjutnya.

Penyajian apem cucur menggunakan alas daun pisang, dipercaya mampu menambah cita rasa. Foto Arixc Ardana

Harga seporsi kue apem cucur, yang berisi 10 potong kue, hanya Rp5 ribu. “Masih terjangkau untuk masyarakat umum,” imbuhnya.

Pujianti sudah puluhan tahun berjualan kue apem cucur. Dia berdagang berkeliling, dari satu toko ke toko lain di kawasan Kota Semarang. “Jualannya ya begini, di depan toko yang ramai pembeli, biar dagangan saya juga ikut laris dibeli,” tambahnya.

Salah seorang pembeli, Heni Wulandari, mengaku menjadi salah satu penggemar kue apem cucur. Cita rasa yang manis, dengan tekstur lembut menjadi daya tarik utama dia membelinya. “Meski sederhana, namun kue apem cucur ini, rasanya enak. Manis, empuk, apalagi kalau direndam dengan kuah santan gula jawa, jadi semakin empuk. Cocok buat berbuka puasa. Selain itu harganya juga murah,” pungkasnya.

Lihat juga...