Lebaran CDN

Memasuki Ramadan, Penjualan Tape Khas Bondowoso Mulai Meningkat

Editor: Makmun Hidayat

JEMBER — Memasuki bulan Ramadan hari pertama tahun ini, usaha dagang tape manis khas Bondowoso di Jember, Jawa Timur, mulai mengalami peningkatan penjualan. Sebelumnya, sejak pandemi Covid-19 menurun drastis.

Arsih, penjual tape manis di sekitar Pasar Kepatihan, Jember mengatakan, musim ini dagangannya kembali laku, banyak pembeli yang datang. Walaupun hingga menjelang siang dagangannya belum habis, namun secara keseluruhan hasil yang di dapatkan cukup menguntungkan.

“Selama hampir setengah hari menjual dagangan tape di depan pasar tradisional, pembeli yang datang cukup, dibandingkan dengan sebelum-sebelumnya yang sepi pembeli,” ujar Arsih kepada Cendana News, di bilangan Jalan Jend. A. Yani, Kepatihan, Kecamatan Kaliwates, Jember, Selasa (13/4/21).

Arsih menambahkan, dari usaha yang dijalani hampir tiga tahun lamanya, pada awal bulan Ramadan ini pendapatan dari hasil dagangan tape manis jauh lebih baik.

“Kita semua tahu sendiri, bulan Ramadan sebelumnya sangat kecil sekali orang beraktivitas di luar rumah. Dampaknya dagangan saya tidak ada yang membeli sama sekali,” ungkapnya.

Saat ini, kata Arsih, aktivitas masyarakat sudah terlihat cukup aktif di luar rumah.

Sebelum masa pandemi Covid-19, produksi tape manis yang dijual Arsih bisa laku habis sampai 80-100 kilogram tape manis. Sedangkan selama pandemi, hampir jarang sekali tape terjual  banyak.

“Namun saat ini kembali apa peningkatan pembeli. Sehari bisa laku tape manis yang terjual sekitar 30-40 kilogram,” ungkapnya.

Tape memang memiliki daya tarik tersendiri, sehingga jajanan tape sampai saat ini masih diminati oleh banyak pembeli.

Arsih mengatakan, saat ini harga tape manis per kilogramnya Rp12 ribu. Sedangkan untuk lokasi tempat dirinya berjualan ada di dua tempat. Yakni di sekitar Pasar Kepatihan serta di area Pasar Tanjung Jember.

Nursaindah, salah satu pembeli, mengatakan mengingat ini bulan Ramadan, seringkali tape dijadikan bahan tambahan untuk es maupun sebagai gorengan tape.

“Tape manis nantinya dibuat tambahan menu konsumsi saat berbuka puasa. Biasanya saya dengan keluarga menggunakan tape untuk dicampur dengan es. Selain buat es, tape yang ada saya jadikan tape goreng,” ungkapnya.

Lihat juga...