Menlu AS Tegaskan Dukungan Washington untuk Ukraina

WASHINGTON — Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken, dalam percakapan lewat telepon dengan Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba pada Rabu, menegaskan dukungan Washington untuk integritas teritorial Ukraina “dalam menghadapi agresi berkelanjutan Rusia,” kata Departemen Luar Negeri dalam sebuah pernyataan.

Ukraina dan Rusia telah berselisih sejak pencaplokan Krimea oleh Rusia pada 2014 dan atas dukungannya bagi pemberontak separatis yang bertempur di wilayah Donbass timur Ukraina, yang menurut Kiev telah menewaskan 14.000 orang.

Blinken “menyatakan keprihatinan tentang situasi keamanan di timur Ukraina dan menyampaikan belasungkawa atas hilangnya empat tentara Ukraina baru-baru ini,” kata pernyataan itu.

Angkatan bersenjata Ukraina mengatakan pekan lalu bahwa empat tentara tewas dalam penembakan oleh pasukan Rusia di Donbass, jumlah kematian harian tertinggi sejak kesepakatan gencatan senjata dicapai Juli lalu.

Panglima Tertinggi Ukraina Ruslan Khomchak mengatakan pada Selasa bahwa Rusia sedang membangun angkatan bersenjata di dekat perbatasan Ukraina sebagai ancaman bagi keamanan negara itu.

Kremlin pada Rabu mengatakan pihaknya prihatin dengan meningkatnya ketegangan di timur Ukraina dan khawatir pasukan pemerintah Kiev dapat melakukan sesuatu untuk memulai kembali konflik dengan separatis pro-Rusia. [Ant]

Lihat juga...