Lebaran CDN

Modal Kita Bantu Warga DCML Kedungkandang Kembangkan Usaha

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

MALANG — Tidak hanya mendorong untuk memulai usaha, pinjaman modal usaha Modal Kita yang digagas Yayasan Dana Sejahtera Mandiri (Damandiri) tersebut juga turut membantu warga di Desa Cerdas Mandiri Lestari (DCML) Kedungkandang untuk mengembangkan usahanya. Hal diakui Lindawati yang telah menjadi anggota Koperasi Unit Desa (KUD) Suluh Sejahtera Mandiri sejak tiga tahun yang lalu.

Diceritakan Linda, selama menjadi anggota koperasi binaan Damandiri tersebut, ia telah mengajukan tiga kali pinjaman Modal Kita dengan besaran 2 juta, 4 juta dan 2 juta.

Menurutnya dari hasil pinjaman Modal Kita tersebut ia bisa membesarkan usahanya yang dulu hanya berjualan jajanan tempura saja, kini berkembang menjadi toko kelontong yang menjual berbagai kebutuhan sehari-hari. Mulai dari aneka sembako hingga permen dan makanan ringang yang banyak digemari anak-anak.

“Pinjaman pertama untuk modal membuka usaha toko kelontong yang sebelumnya hanya berjualan tempura. Kemudian pinjaman ke dua dan ke tiga untuk membeli etalase dan menambah isi toko seperti minyak, gula, tepung,” jelasnya saat ditemui Cendana News di rumahnya, Jumat (23/4/2021).

Diakui Linda, sejak dulu dirinya tidak pernah mengajukan pinjaman uang ke tempat lain karena bunganya yang tinggi. Beda halnya dengan pinjaman Modal Kita yang bunganya bisa dikatakan kecil dan tidak membutuhkan jaminan untuk mengajukan pinjaman.

“Tertarik mengajukan pinjam Modal Kita sebab bunganya sedikit, kalau terlalu besar bunganya takut berat mengembalikannya,” akunya.

Ditambahkan Linda, selama menjadi anggota KUD Suluh Sejahtera Mandiri, dirinya termasuk anggota yang lancar dalam melakukan pembayaran angsuran setiap bulannya, sehingga tidak ada tunggakan.

“Alhamdulillah selama ini lancar pembayaran angsuran setiap bulannya. Caranya setiap dapat uang dari pembeli kita simpan sekitar 10 ribu rupiah setiap hari. Nanti kalau ada lebihnya buat kulakan barang dagangan, yang 200 ribu buat bayar angsuran, jadi pembayarannya bisa lancar tidak ada tunggkan,” ungkapnya.

Lebih lanjut menurut Linda, pinjaman Modal Kita yang diberikan oleh Yayasan yang didirikan oleh Presiden Soeharto melalui koperasi-koperasi binaannya tersebut sangat membatu warga DCML Kedungkandang untuk mengembangakan usaha maupun memulai usaha.

“Setelah pinjaman yang ke tiga ini lunas, kita lihat nanti kalau memang tidak butuh sekali ya tidak pinjam, tapi kalau memang betul-betul dibutuhkan untuk membesarkan usaha, ya kita pinjam lagi. Kita sesuaikan dengan kebutuhan nanti,” pungkasnya.

Lihat juga...