Lebaran CDN

OKU Targetkan Tambah 600 Ekor Populasi Sapi

BATURAJA — Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan pada tahun ini menargetkan menambahkan sebanyak 600 ekor populasi hewan ternak sapi melalui inseminasi buatan atau kawin suntik.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Disnakan Ogan Komering Ulu (OKU), Sugiarto di Baturaja, menjelaskan, secara keseluruhan jumlah populasi hewan ternak sapi di wilayah setempat saat ini mencapai 8.500 ekor.

Pada tahun ini pihaknya memprogramkan kawin suntik pada sapi betina produktif dengan target 600 kebuntingan.

Sistem kawin suntik atau menyuntikan mani beku ke rahim sapi betina tersebut dinilai lebih efektif untuk membuat kebuntingan pada sapi agar populasinya bertambah.

Saat ini, pihaknya menyiapakan 1.000 dosis mani beku untuk disuntikan pada sapi betina produktif milik peternak di wilayah setempat.

“Tahun ini kami mendapat bantuan 1.000 dosis mani beku dari Pemerintah Provinsi Sumsel dengan target 600 kebuntingan,” ujarnya.

Menurut dia, penambahan jumlah populasi hewan ternak ini dilakukan guna memenuhi kebutuhan daging sapi bagi masyarakat Kabupaten OKU yang jumlahnya mencapai 2.962 ton per tahun.

“Kebutuhan daging sapi di OKU pada 2020 2.904 ton. Sedangkan, tahun ini 2.962 ton,” ujarnya. (Ant)

Lihat juga...