Lebaran CDN

Penerima BLT UMKM Padati Kantor Bank Penyalur di Ciparay

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

JAKARTA — Sejak pagi pukul 07.00 kantor Cabang Pembantu (KCP) BRI Ciparay Kabupaten Bandung telah dipadati antrean panjang para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang akan mengurus pencairan dana bantuan langsung tunai (BLT) UMKM.

Nana, salah seorang Pelaku UMKM yang berada di tempat tersebut mengaku sudah mengantre sejak pukul 06.30 WIB. Ia mengatakan, sengaja datang lebih pagi untuk menghindari antrean panjang seperti yang terjadi beberapa waktu belakangan.

“Tadi sih merasanya udah datang pagi, tapi pas sampai di sini ternyata sama aja, antreannya panjang juga,” ujar Nana saat ditemui, Selasa (27/4/2021) di KCP BRI Ciparay, di Jalan Laswi, Kabupaten Bandung.

Jaka menyampaikan, bahwa BLT sebesar Rp1,2 juta itu sangat dibutuhkannya. Pasalnya, selama pandemi Covid-19, usahanya, yaitu jasa print dan fotocopy mengalami kerugin. Kini setelah mulai ada pelonggaran PSBB, usahanya pun mulai kembali beroperasi meski tidak seramai sebelum pandemi.

“Jadi bantuan ini sudah saya siapkan untuk tambahan modal usaha, memperbaiki dan menambah beberapa perlengkapan seperti printer,” tukasnya.

Di tempat berbeda, Dedeh, warga Kampung Andir, Desa Pakutandang, Ciparay, yang juga Penerima BLT UMKM mengaku bersyukur, lantaran dana Rp1,2 juta tersebut telah membantunya menambah jenis usaha, dari hanya menjual beras, kini menjual pula aneka jajanan lainnya.

“Alhamdulillah, uang bantuan itu saya pakai tambahan usaha. Saya kira kemarin nggak akan dapat bantuan apa-apa selama Covid, tapi ternyata ada juga bantuan khusus UMKM, saya daftar dan akhirnya lolos,” ungkapnya saat ditemui di toko miliknya, (27/4/2021).

Dedeh sendiri mengaku bersyukur, usahanya tidak mengalami dampak yang siginfikan selama menyebarnya Covid-19 di Tanah Air. Ia menyebut sempat membuka jasa antar beras khusus untuk pelanggannya yang selama ini selalu membeli beras darinya.

“Pernah ada satu kasus, langganan saya kena Covid, jadi dia minta saya antarkan ke rumahnya, ya kita antarkan. Dari situ saya buka layanan antar beras ke rumah, tapi khusus untuk warga Pakutandang saja,” pungkasnya.

Untuk informasi tambahan, ada beberapa persyaratan yang harus dilengkapi para penerima BLT UMKM ini, seperti buku tabungan, KTP, surat keterangan usaha, foto bukti usaha, kartu keluarga, serta bukti tercatat sebagai penerima di Eform BRI.

Lihat juga...