Penggunaan ‘Earphone’ Bisa Timbulkan Gangguan Telinga

Editor: Koko Triarko

JAKARTA – Berkembangnya teknologi smartphone atau gadget sejenis, mendorong penggunaan headphone atau earphone. Terutama di kalangan para remaja, sebagai penikmat video dan musik. Sayangnya, banyak dari mereka yang tidak menyadari penggunaan headphone atau earphone ini berpotensi menimbulkan gangguan pada telinga, berupa penurunan fungsi pendengaran.

Spesialis THT dan Bedah Kepala Leher RS Pondok Indah, dr. Rangga R Saleh, SpTHT-KL, menyatakan penelitian menunjukkan 1 dari 5 remaja mengalami hearing loss akibat paparan suara terlalu keras dan dalam waktu lama.

“Penggunaan headphone atau earphone dengan suara keras adalah salah satu bentuk gangguan pada fungsi pendengaran manusia. Dan jika berlangsung lama, akan mengakibatkan trauma akustik, noise induce hearing loss,” kata Rangga saat dihubungi, Jumat (9/4/2021).

Spesialis THT dan Bedah Kepala Leher RS Pondok Indah, dr. Rangga R Saleh, SpTHT-KL., menjelaskan pencegahan gangguan pada telinga, Jumat (9/4/2021). –Foto: Ranny Supusepa

Ia menjelaskan, gangguan ini mungkin tidak akan langsung dirasakan oleh pengguna headphone atau earphone. “Gejala awal yang sering muncul adalah sulit mendengar di keramaian atau pada ruangan yang memiliki akustik buruk,” ucapnya.

Atau ada juga keluhan yang disampaikan terkait telinga terasa berdengung atau seperti bergema. “Saat awal gejala, keluhan ini akan berlangsung singkat dan bisa sembuh dengan sendirinya. Tapi jika tidak perubahan dari intensitas paparan suara maupun periode waktunya, maka keluhan ini akan berubah menjadi permanen,” ucapnya lebih lanjut.

Rangga mengakui, dengan sistem kerja dan belajar yang saat ini tidak terlepas dari teknologi, penggunaan headphone atau earphone mungkin lebih susah dihindari.

“Tapi, bukan berarti kita tidak bisa menjaga telinga kita. Yang penting adalah bagaimana kita mengatur pemakaiannya agar tidak menimbulkan gangguan,” tuturnya.

Ia menyebutkan, ada tiga langkah yang bisa dilakukan dalam menjaga kesehatan telinga terkait penggunaan headphone atau earphone ini.

“Setiap satu jam penggunaan, biarkan kuping beristirahat selama 5 menit sebelum melanjutkan penggunaan. Lebih baik lagi, jika membatasi penggunaan hanya satu jam per harinya. Batasi tingkat kekerasan suara hanya 60 persen setiap pemakaian. Dan, manfaatkan noise cancelling di gadget. Hal ini akan jauh lebih baik dibandingkan memperbesar volume perangkat elektronik yang digunakan,” pungkasnya.

Lihat juga...