Lebaran CDN

Penjualan Kubah Masjid di Kios Warung Cerdas Wanareja Mulai Ramai

Editor: Makmun Hidayat

CILACAP — Usaha penjualan kubah masjid, menara masjid serta berbagai ornamen yang berlokasi pada salah satu kios milik Warung Cerdas Wanareja, Kabupaten Cilacap mulai menampakkan hasil. Meskipun baru dua minggu buka, namun penjualan kubah masjid sudah ada beberapa yang laku.

Pemilik bisnis kubah masjid, Arif Mistam mengatakan, penjualan yang cukup cepat yaitu kubah untuk musala. Pemesanan banyak dari kampung-kampung yang sedang membangun musala dan ukuran kubah juga menyesuaikan bangunan musala.

“Untuk kubah musala ini, ukurannya variatif, rata-rata besarnya 1 sampai dengan 3 meter untuk kubahnya. Kalau untuk menara masjid lebih besar lagi, biasanya kisaran 5 – 10 meter,” jelasnya, Rabu (14/4/2021).

Lebih lanjut Arif menjelaskan, untuk pembuatan satu kubah musala yang berukuran 5 meter, dibutuhkan waktu sekitar dua minggu. Sedangkan untuk pembuatan menara masjid bisa menghabiskan waktu sampai dengan satu bulan.

“Untuk pertama membuka usaha di Wanareja ini, selama dua minggu buka sudah ada yang laku, ini cukup bagus untuk awal usaha. Melihat lokasi kios Warung Cerdas yang cukup strategis ini, saya optimis ke depan usaha akan berkembang dengan baik,” tuturnya.

Harga satu buah kubah musala, rata-rata kisaran Rp 5 juta. Sedangkan untuk menara masjid harganya mulai dari Rp 10 juta hingga puluhan juta, tergantung pada ukuran dan model yang dipesan.

Pengelola Warung Cerdas Wanareja, Sudaryanto di Cilacap, Rabu (14/4/2021). -Foto: Hermiana E. Effend

Sementara itu, pengelola Warung Cerdas Wanareja, Sudaryanto mengatakan, khusus untuk penyewa kios penjual kubah masjid, membutuhkan lahan yang lebih luas untuk memajang barang dagangannya. Sehingga pihak penyewa menambah dengan menyewa lahan kosong di dekat kios.

“Usaha kubah masjid ini butuh lahan luas, jadi lahan kosong di sekitar kios ikut di sewa. Karena itu, kita juga mengenakan biaya tambahan sewa, untuk kios Rp 7 juta per tahun, ditambah dengan lahan kosong Rp 1,5 juta, jadi khusus untuk kios jualan kubah masjid harga sewanya Rp 8,5 juta per tahun,” katanya.

Total ada lima kios yang disewakan dan di bawah pengelolaan Warung Cerdas Wanareja, yaitu untuk bengkel, penjual pengrajin kubah masjid, kios buah dan kurma, kios penjualan tiket bus dan satu kios sedang direnovasi untuk warung makan. Sejak penyewaan kios dibuka dua tahun lalu, sampai saat ini pihak Warung Cerdas Wanareja belum pernah menaikkan harga sewa kios.

“Persewaan kios-kios ini memang tujuannya tidak hanya untuk mendapatkan keuntungan saja, tetapi juga untuk membantu warga sekitar yang hendak membuka usaha dan membutuhkan tempat, sehingga kita tidak terlalu komersial untuk menaikkan harga sewa,” ucapnya.

Lihat juga...