Lebaran CDN

Kios Kurma di Warung Cerdas Wanareja Raup Untung di Bulan Puasa

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

CILACAP — Kurma merupakan buah yang paling banyak dicari selama bulan puasa ini. Peluang tersebut ditangkap oleh Suryanto, salah satu penyewa kios di Warung Cerdas Wanareja, Kabupaten Cilacap untuk membuka usaha penjualan buah kurma.

Suryanto mulai membuka usaha kurma sejak dua bulan sebelum puasa. Hal tersebut dilakukan, supaya saat Ramadhan tiba, penjualan kurmanya sudah banyak dikenal orang. Prediksi tersebut benar adanya.

“Sekarang saat masuk bulan puasa, omsetnya mulai mengalami kenaikan. Pesanan dalam jumlah besar juga seringkali ada,” katanya, Rabu (28/4/2021).

Barang dagangan kurmanya beraneka jenis, mulai dari harga termurah Rp25.000 per kilogram hingga yang paling mahal Rp200.000 per kilogram. Namun yang paling banyak laku di pasaran yaitu kurma kualitas sedang, seharga Rp30.000 per kilogram.

“Yang paling mahal itu buah kurma dari Saudi Arabia, harganya sampai Rp200.000 per kilogram, sedang yang paling banyak digemari masyarakat adalah kurma dari Mesir, harganya tidak terlalu mahal, hanya Rp30.000 per kilogram,” terangnya.

Suryanto melayani penjualan eceran maupun grosiran. Bahkan, untuk memaksimalkan pemasaran, ia juga membuka penjualan melalui online. Dari penjualan online ini ternyata yang meraup keuntungan paling besar. Dalam satu hari, ia bisa mengirimkan sampai puluhan karton kurma jenis Mesir ke beberapa pasar di Kabupaten Cilacap yang pemesanannya melalui online. Untuk satu karton kurma jenis Mesir seharga Rp260.000.

“Omset penjualannya sekarang sudah sekitar Rp10 juta per bulan, tetapi terkadang naik-turun. Untuk kurma Mesir misalnya, dalam satu hari pernah laku sampai 300 kilogram, bahkan pernah lebih juga,” katanya.

Kios kurma yang terletak di Kecamatan Wanareja ini selalu ramai, sebab di daerah tersebut memang masih jarang yang berjualan buah kurma. Kios kurma mulai buka setiap hari pukul 08.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB.

Salah satu penggemar buah kurma, Imam mengatakan, jenis buah kurma bermacam-macam dan karena banyak pilihan, konsumen bisa memilih yang sesuai dengan selera, baik rasa maupun harganya. Menurutnya, kurma Mesir memang pilihan yang paling tepat, selain harganya tidak terlalu mahal, rasanya juga enak.

“Buah kurma itu banyak sekali kandungan vitamin serta nutrisinya, sehingga sangat cocok dikonsumsi saat bulan puasa, itulah mengapa selama bulan Ramadhan penjualan buah kurma pasli laris manis,” tuturnya.

Lihat juga...