Lebaran CDN

Persediaan Buah Blewah di Jember Dipasok dari Luar Daerah

Editor: Makmun Hidayat

JEMBER — Memasuki bulan Ramadan, permintaan buah semakin meningkat mengingat buah cocok dijadikan menu pelengkap saat berbuka puasa. Salah satunya, buah blewah.

Salah satu pedagang buah, Rohman menyatakan, memasuki hari pertama bulan Ramadan, buah blewah banyak diminati oleh para pembeli. Buah ini memiliki daya tarik tersendiri dengan ciri khas aromanya yang harum, serta segar rasanya saat dicampur dengan dinginnya es.

“Sehari-harinya jarang sekali pedagang-pedagang ada di sini menjual buah blewah. Hampir beberapa minggu memasuki bulan Ramadan, beberapa pedagang menjual buah blewah. Peminatnya juga masih jarang,” ujar Rohman kepada Cendana News di Jember, Selasa (13/4/2021).

Mendekati bulan Ramadan, lanjutnya, buah blewah mulai dicari oleh para pembeli yang datang. Banyaknya permintaan terhadap buah blewah, berpengaruh terhadap persediaan buah yang ada, serta harga yang semakin naik.

“Jember sampai saat ini masih belum bisa memproduksi buah blewah. Hampir sebagian besar, persediaan buah blewah yang ada di beli dari luar kota melalui pengepul,” ungkapnya.

Menurut Rohman, kualitas tanah memiliki pengaruh besar terhadap semua tanaman, salah satunya buah blewah yang tidak pernah sukses saat di tanam pada wilayah Kabupatem Jember.

“Sebelumnya beberapa petani buah di Jember sudah pernah mencoba memproduksi tanaman buah blewah sebelum memasuki bulan Ramadan. Akan tetapi hasil yang didapatkan sangat minim sekali. Produksi buah yang dihasilkan hampir dalam bentuk kecil-kecil,” ucapnya

Dalam memenuhi permintaan para pembeli, Rohman mengaku saat ini buah blewah yang ia jual merupakan produksi buah blewah dari Lamongan, Jawa Timur.

“Untuk jenis buah blewah garbis ini saya peroleh dari Lamongan melewati pengepul. Blewah garbis identik dengan ciri khas aromanya yang harum. Sedangkan untuk harga jual per kilogramnya Rp12 ribu saat ini. Sedangkan beberapa minggu yang lalu harga jualnya masih di bawah Rp10 ribu,” ujarnya.

Senada, pedagang buah yang lainnya, Anton menyatakan, dari beberapa jenis buah yang ia dagangkan, dominan yang saat ini laku buah blewah. Seperti pada jenis buah semangka yang sebelumnya cukup diminati pembeli, namun saat ini buah blewah yang banyak diminati.

“Buah blewah yang saya jual ini merupakan jenis kretek. Blewah jenis kretek saat ini produksi yang ada paling terdekat hanya ada di Situbondo. Sedangkan Jember lahan yang ada tidak bisa dijadikan produksi buah blewah,” ucapnya.

Pengaruh ketersediaan yang minim, dan memerlukan pasokan barang dari luar kota, harga buah blewah di Jember relatif mahal.

“Untuk jenis blewah kretek ini harga per kilonya Rp13 ribu. Memang sedikit lebih mahal dari blewah jenis garbis. Keuntungannya blewah kretek ia mampu bertahan lama walaupun matang. Namun mahalnya harga blewah karena disebabkan pasokan barang didapatkan dari luar kota, dan melalui pihak ketiga,” ungkapnya.

Lihat juga...