Lebaran CDN

Persija Juara Piala Menpora 2021

Pemain dan offisial Persija Jakarta, melakukan selebrasi setelah timnya unggul atas Persib Bandung dalam pertandingan leg kedua Piala Menpora 2021, di Stadion Manahan Solo, Minggu (25/4/2021) malam - Foto Ant

SOLO – Persija Jakarta, mampu memenuhi ambisinya menjuarai turnamen sepak bola Piala Menpora 2021, setelah mengalahkan Persib Bandung 2-1, dalam pertandingan final leg kedua, di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, Minggu (25/4/2021) malam.

Pada babak final leg kedua, 15 menit awal babak pertama pertandingan berjalan seru, karena kedua tim saling menyerang. Kedua tim sama-sama ingin meraih kemenangan di laga penentu tersebut. Persija, yang mempunyai kesempatan untuk menjuarai turnamen tersebut, mendapat peluang pada menit ketujuh melalui tendangan pemain depan Taufik Hidayat, yang tinggal berhadapan dengan kiper Persib, I Made Wirawan. Tetapi bola masih mampu diantisipasi kiper, dan tidak mengubah kedudukan tetap 0-0.

Pemain sayap kanan Persija, Riko Simanjutak, mendapatkan kesempatan setelah memanfaatkan umpan silang. Namun sayangnya, bola dari sundulan masih melenceng ke kiri gawang Persib. Persib yang mendapat tekanan dari Persija harus kehilangan satu pemainnya pada menit 21, Bayu Fiqri terkena kartu merah dari wasit, setelah akumulasi dua kartu kuning. Bayu melakukan pelanggaran keras terhadap pemain Persija.

Karena Persib hanya bermain dengan 10 pemain, permainan menjadi kurang menarik, karena Persija yang sudah menang 2-0 pada leg pertama, lebih sering memainkan bola di daerah pertahanan sendiri. Andritany Ardhiyasa dan kawan-kawan, menunggu ada tekanan dari pemain Persib yang masih berhati-hati keluar menyerang ke pertahanan lawan. Persib juga menunggu lawan bolanya lepas, dan melakukan serangan balik cepat ke gawang Persija. Kedudukan imbang 0-0 bertahan hingga babak pertama berakhir.

Memasuki babak kedua, pertandingan masih berjalan monoton. Persija yang sudah merasa di atas angin, terlihat memilih menunggu kelengahan pertahanan lawan. Sebaliknya, Persib yang merasa bermain hanya 10 pemain juga kelihatan masih bertahan di lini belakang, agar gawangnya tidak kebobolan.

Persija  menjebol gawang Persib pada menit 50, melalui tendangan keras Osvaldo Haay. Gol Persija itu, berawal dari umpan silang Riko Simanjutak, yang dimanfaatkan dengan baik oleh pemain Osvaldo. Persib mengubah strategi dengan berani dengan menyerang ke pertahanan Persija. Hal ini, membuahkan hasil pada menit 84, melalui tendangan bola mati dari sudut kiri gawang Persija yang dilakukan oleh Ferdinand Sinaga, sehingga menyamankan kedudukan 1-1.

Persija kembali unggul pada tambahan waktu babak kedua, melalui kerja sama antara Osvaldo Haay dan Riko Simanjutak. Riko yang berdiri bebas langsung melesakkan bola ke pojok gawang Persib, untuk mengubah kedudukan menjadi 2-1 untuk Persija. Keunggulan Persija 2-1 atau agregat 4-1, bertahan hingga wasit Agus Fauzan Arifin asal Yogyakarta meniup peluit panjang tanda babak kedua berakhir. (Ant)

Lihat juga...