Lebaran CDN

Pesepak Bola Muda Aceh Ikuti Seleksi Timnas U-16

BANDA ACEH – Dua pesepak bola muda Aceh dipanggil PSSI Pusat untuk mengikuti seleksi tim nasional (timnas) U-16 yang dipersiapkan untuk berbagai kejuaraan, baik Piala AFF, Piala Asia, maupun Piala Dunia.

Ketua Asosiasi Provinsi PSSI Aceh, Nazir Adam di Banda Aceh, Selasa, mengatakan, keduanya dipanggil setelah terpilih pada seleksi regional wilayah Sumatera di Stadion Dimurthala, Banda Aceh, pada Sabtu (10/4).

“Saat itu, seleksi diikuti 142 pemain terdiri 53 pemain U-16 dan 89 pemain U-19 dari Aceh dan Sumatera Utara. Seleksi dipantau tim pelatih Markus Horison dan Rully Nere,” kata Nazir Adam.

Nazir Adam mengatakan kedua talenta muda Aceh yang dipanggil mengikuti seleksi timnas U-16 yakni David Albayu asal Kota Langsa dan Aldava dari Aceh Timur.

Kedua pemain muda tersebut, kata Nazir Adam, diminta ke Jakarta paling telat pada 24 April 2021 pukul 12.00 WIB. Seleksi digelar selama dua hari, 24-25 April mendatang di Lapangan D Senayan.

“Kami berharap keduanya bisa masuk timnas U-16. Kepada pemain yang tidak terpanggil pada seleksi regional Sumatera beberapa waktu lalu jangan putus asa dan tetap berlatih karena kesempatan akan selalu ada,” kata Nazir Adam.

Nazir Adam mengapresiasi PSSI Pusat mempercayakan Aceh sebagai tempat seleksi calon pemain timnas. Seleksi calon pemain timnas ini merupakan yang pertama di Aceh.

“Seleksi di Aceh ini atas permintaan kami. Awalnya, seleksi dilaksanakan di Padang, Sumatera Barat. Setelah melihat jumlah pemain dari Aceh yang hendak mengikuti seleksi lebih dari 100 orang, maka kami minta kepada PSSI Pusat agar seleksi di Aceh. Dan PSSI meresponsnya,” kata Nazir Adam.

Sebelumnya, Markus Horison mengatakan seleksi calon pemain timnas usia muda tersebut digelar di 16 tempat di seluruh Indonesia. Selain di Aceh, seleksi juga dilaksanakan di Riau, Kalimantan, maupun Maluku.

“Untuk pemain dipilih, tidak ada pembatasan kuota. Seperti di Aceh, kalau ada 60 pemain yang terpilih, mereka akan diikutisertakan ke seleksi tingkat nasional,” kata Markus Horison.

Untuk seleksi tingkat nasional, kata Markus Horison, akan dipilih 30 pemain yang selanjutnya menjadi pemain yang merupakan kerangka timnas. Jadi, seleksi pemain untuk timnas U-16 ini berlangsung ketat.

“Khusus pemain U-16 ini dipersiapkan untuk timnas pada kejuaraan Piala AFF, Agustus mendatang di Indonesia serta Piala Dunia. Sedangkan U-19 untuk Piala Dunia dan Piala Asia. Yang U-19 dipantau Rully Nere, sedangkan saya U-16,” kata Markus Horison. (Ant)

Lihat juga...