Lebaran CDN

Peserta UTBK di Unej Terdeteksi Positif Covid-19

Editor: Makmun Hidayat

JEMBER — Terindikasi positif Covid-19 setelah dilakukan tes GeNose dan antigen, satu peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) gagal mengikuti tes ujian di Universitas Jember (Unej).

Rokhmad Hidayanto, Wakil Koordinator Humas Unej menyatakan, salah satu peserta UTBK dinyatakan positif Covid-19 setelah dilakukannya tes antigen oleh pihak kampus Unej.

“Dalam pelaksanaan UTBK, menerapkan secara ketat kepada peserta didik, selain itu pihak Unej juga mewajibkan peserta untuk membawa surat keterangan dari RT/RW setempat, dengan catatan berisi keterangan kondisi zona PPKM,” ujarnya kepada Cendana News, di kampus Unej, Jember, Jumat (16/4/2021).

Menurutnya, kecurigaan dari tim screening terhadap salah satu peserta UTBK, bermula saat peserta yang bersangkutan tidak membawa syarat yang wajib harus dipenuhi saat akan melaksanakan ujian UTBK pekan ini.

“Peserta yang bersangkutan saat ditanyakan persyaratan khusus yang harus dibawa, ternyata tidak membawanya saat datang ke lokasi UTBK di kampus Unej,” ucapnya.

Agar diketahui keadaan yang sebenarnya  pada peserta tersebut, maka tim mewawancarai yang bersangkutan. “Setelahnya dilakukan tes GeNose, dan saat menunggu hasil keluar peserta tersebut ternyata dinyatakan positif Covid-19,” ungkapnya.

Senada, Rektor Unej, Iwan Taruna, menyatakan salah satu dari peserta UTBK ada yang positif Covid-19, dengan demikian yang bersangkutan tidak dapat mengikuti ujian UTBK pekan ini.

“Setelah mencurigai beberapa peserta UTBK kemudian tim kami melakukan proses screening untuk mencegah dan mengetahui salah satu peserta tersebut dimungkinkan terpapar Covid-19. Berdasarkan SOP  yang berlaku, tim dari scanner melakukan wawancara terhadap beberapa peserta yang dicurigai sehingga dilakukan upaya tes antigen,” ungkapnya.

Iwan Taruna menambahkan, dari beberapa peserta UTBK yang dirasa mencurigakan setelah dilakukan tes antigen, ternyata hasil yang keluar dari salah satu peserta tersebut positif Covid-19.

Berdasarkan ketentuan dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) apabila salah satu peserta terindikasi positif Covid-19, tidak dapat melanjutkan untuk mengikuti ujian UTBK.

“Peserta ujian UTBK yang terpapar Covid-19 berdasarkan aturan yang berlaku, tidak dapat meneruskan untuk mengikuti ujian UTBK pada periode saat ini, peserta tersebut yang dinyatakan positif Covid-19 bisa mengikuti tes seleksi masuk perguruan tinggi dengan cara tes lanjutan, setelah dirinya dinyatakan sembuh,” ujarnya.

Lihat juga...