Lebaran CDN

Polres Kudus Siapkan Tiga Pospam Lebaran 2021

KUDUS — Kepolisian Resor Kudus, Jawa Tengah, menyiapkan tiga pos pengamanan (pospam) di sejumlah lokasi strategis untuk membantu kelancaran dan keamanan selama arus mudik dan balik Lebaran 2021.

Menurut Kapolres Kudus Kudus AKBP Aditya Surya Dharma, penempatan pospam tersebut, di antaranya di Alun-alun Kudus sebagai Pospam Terpadu, kemudian pospam di Terminal Induk Jati Kudus serta Kerawang.

Pospam tersebut akan disiapkan mulai saat ini, sedangkan pengoperasiannya dimulai pada H-7 Lebaran atau tanggal 6 Mei 2021 dengan melibatkan 266 anggota Polres Kudus.

Masing-masing pos tersebut, akan disiagakan sejumlah personel Polri bekerja sama dengan beberapa instansi.

“Kami juga menyiagakan personel ‘mobile’, karena tersedia unit kendaraan roda dua dan dua kendaraan roda empat,” ujarnya di Kudus, Kamis (29/4/2021).

Beberapa lokasi yang rawan kemacetan maupun rawan tindak kejahatan akan menjadi perhatian petugas.

Terkait dengan penyekatan pemudik, katanya, sudah ada di 14 titik perbatasan, terutama di pintu masuk Jateng, sedangkan daerah hanya perimbangan.

Karena di Kabupaten Kudus juga sudah mulai banyak pemudik yang mendahului, maka masing-masing polsek diinstruksikan untuk mendata pemudik dengan menggandeng Dinas Kesehatan untuk dilakukan pengecekan kondisi kesehatannya, kemudian dilakukan pengobatan ketika ditemukan terpapar COVID-19.

“Nantinya petugas kesehatan yang akan menentukan, isolasi mandiri atau di tempat lain atau di rumah sakit,” ujarnya.

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala mikro juga akan digalakkan karena hasilnya memang mampu menekan penyebaran kasus COVID-19. (Ant)

Lihat juga...