Lebaran CDN

Polres Rejang Lebong Siapkan Pos Penyekatan di Perbatasan

Ilustrasi, petugas Polres Rejang Lebong melakukan pemeriksaan kendaraan pemudik yang akan masuk ke wilayah itu mendekati lebaran Idul Fitri 2020 - foto Dok Ant

REJANG LEBONG – Kepolisian Resor (Polres) Rejang Lebong, Bengkulu, menyiapkan pos penyekatan larangan mudik, di perbatasan dengan Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan. Pos tersebut guna mengantisipasi adanya pemudik, yang akan masuk maupun ke luar dari daerah itu.

Kapolres Rejang Lebong, AKBP Puji Prayitno, melalui Kabag Ops, AKP Margopo, di Mapolres Rejang Lebong mengatakan, penyekatan akan dilakukan diperbatasan kedua provinsi dengan mendirikan pos penyekatan di Desa Tanjung Sanai I, Kecamatan Padang Ulak Tanding. “Setelah kita berkordinasi dengan Polres Kota Lubuklinggau, diketahui kalau mereka mulai melakukan penyekatan pada 3 Mei nanti, sehingga kemungkinan besar Polres Rejang Lebong juga akan mulai melakukan penyekatan yang sama,” kata AKP Margopo, Rabu (28/4/2021).

Pendirian pos penyekatan ini akan lebih cepat dari jadwal semula, yakni terhitung mulai 6 sampai 17 Mei. Hal itu menyesuaikan dengan pendirian pos dan penyekatan yang dilakukan oleh Polres Kota Lubuklinggau. Pendirian pos penyekatan itu untuk menegakkan ketentuan larangan mudik yang telah dikeluarkan pemerintah pusat, dalam rangka mencegah meluasnya penyebaran COVID-19. Sehingga kendaraan yang masih membandel, nantinya akan diputar balik.

Sementara itu, sebelum diberlakukannya penyekatan, jajaran Polres Rejanglebong, hanya akan melakukan pemantauan, dengan cara melakukanbpatroli di pos perbatasan kedua provinsi. Sedangkan untuk kendaraan yang melintas, masih diperbolehkan baik keluar masuk Provinsi Bengkulu. “Kalau sekarang kendaraan masih bebas melintasi perbatasan, karena saat ini kita sifatnya hanya melakukan pengawasan dan patroli saja. Kalau sudah dilakukan penyekatan nantinya mereka sudah tidak bisa lagi keluar masuk,” jelasnya.

Sebelumnya, dalam rapat koordinasi yang digelar Polres Rejang Lebong, masyarakat Rejang Lebong yang berada di Kota Lubuklinggau dan sekitarnya masih bisa mudik, dengan syarat bebas dari COVID-19 yang dibuktikan hasil pemeriksaan swab maupun rapid antigen serta memiliki KTP Kabupaten Rejang Lebong. (Ant)

Lihat juga...