Posyandu Lansia Miliki Peran Penting Layani Kesehatan Dasar

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

LAMPUNG — Kualitas hidup warga lanjut usia (Lansia) di pedesaan didukung oleh peranan Posyandu Lansia yang melayani kesehatan dasar preventif dan promotif,  meliputi pemeriksaan aktivitas pola makan, mandi, buang air hingga kemandirian. 

Ponimin, penyuluh dan kader Bina Keluarga Lanjut Usia Kecamatan Ketapang, Lampung Selatan di Desa Legundi, Kecamatan Ketapang, Lampung Selatan, Jumat (2/4/2021). Foto: Henk Widi

Ponimin, penyuluh dan kader Bina Keluarga Lanjut Usia Kecamatan Ketapang, Lampung Selatan menyebut kualitas hidup lansia jadi prioritas. Sebab memiliki hak untuk hidup tenang dan bahagia.

“Posyandu memiliki tujuan meningkatkan kualitas hidup lansia yang rentan penyakit, terlebih pada masa pandemi Covid-19 lansia masuk skala prioritas untuk dijaga kesehatannya sehingga peran kader, keluarga sangat penting dalam layanan kesehatan dasar,” terang Ponimin saat dikonfirmasi Cendana News, Jumat (2/4/2021).

Kendala yang dihadapi dalam kegiatan Posyandu lansia sebut Ponimin dengan adanya pembatasan aktvitas. Namun solusi ditempuh dengan melibatkan peran aktif kader serta anggota keluarga. Pelayanan kesehatan di balai desa bisa diganti dengan kunjungan langsung.

Pada kondisi normal Posyandu lansia ikut memberikan penyuluhan terkait pola makan. Kegiatan olahraga fisik untuk menjaga kebugaran tubuh dengan senam dilakukan rutin setiap pekan. Namun saat pandemi Covid-19 disediakan fasilitas untuk kegiatan olahraga di dalam rumah. Kegiatan jalan kaki tanpa menimbulkan kerumunan juga bisa jadi alternatif.

“Kader memberi pelayanan promotif dengan memberikan alternatif kegiatan fisik sendiri saat olahraga bersama ditiadakan,” cetusnya.

Wirza Rahmi, dokter umum di Puskesmas Rawat Inap Ketapang menyebut lansia menjadi perhatian dalam pelayanan kesehatan. Posyandu lansia memiliki peran penting dalam menciptakan keluarga yang produktif.

“Kader bisa memanfaatkan fasilitas WhatsApp agar keluarga yang memiliki lansia bisa memperhatikan kesehatan fisik dan mental,” cetusnya.

Keberadaan lansia yang mendapat pelayanan dasar kesehatan akan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Pendampingan dari kader akan mendukung produktivitas dengan kegiatan positif. Lansia yang produktif dan mandiri bahkan bisa membantu ekonomi dan pekerjaan keluarga. Dukungan mental sekaligus menjadikan lansia memiliki kebahagiaan dan ketenangan hidup.

Eko Purwadi, perawat di Desa Ruguk, menyebut pendampingan sangat penting. Sebagai perawat desa ia memberikan layanan kesehatan dasar. Selain pemeriksaan tensi darah, ia juga melakukan langkah promotif mengajak lansia menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Pola hidup bersih dan sehat sebutnya dilakukan dengan konsumsi makanan sehat.

Sejumlah langkah untuk menjaga kesehatan dilakukan dengan menjaga pola hidup sehat. Lansia tetap diberi arahan untuk melakukan aktivitas fisik, tidak merokok, istirahat cukup. Sejumlah hobi seperti merawat bunga, memelihara ikan bisa dilakukan untuk menjaga kebahagiaan. Mengasah otak agar tidak pikun dilakukan dengan membaca buku.

Lihat juga...