Lebaran CDN

Puluhan Rumah Warga Badegan Dapat Bantuan Lantainisasi dan Jambanisasi

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

PONOROGO – Ditetapkan sebagai desa binaan Yayasan Damandiri sejak tahun 2019 lalu, Desa Cerdas Mandiri Lestari (DCML) Badegan, Ponorogo, Jawa Timur, terus berbenah untuk mengatasi persoalan kemiskinan dan kesenjangan antar-warga desa.

Selain menjalankan program pemberdayaan di sektor ekonomi lewat pemberian akses modal bagi warga miskin atau kurang mampu, Yayasan Damandiri melalui Koperasi Jaya Mandiri Sejahtera, juga aktif meningkatkan taraf hidup masyarakat lewat sejumlah program di bidang lingkungan dan kesehatan setahun terakhir.

Sejumlah program tersebut antara lain adalah program lantainisasi dan jambanisasi. Program yang juga dijalankan di semua desa binaan Yayasan Damandiri ini dilakukan guna menciptakan lingkungan rumah warga yang lebih sehat dan tertata. Dengan begitu diharapkan taraf hidup masyarakat khususnya warga miskin dapat semakin meningkat.

Manajer Umum Koperasi Jaya Mandiri Sejahtera, Wahyu Bintoro, menyebut telah menyelesaikan program lantainisasi dan jambanisasi tahap pertama sejak tahun 2020 lalu.

Manajer Umum Koperasi Jaya Mandiri Sejahtera, Wahyu Bintoro, dijumpai Cendana News, Rabu (14/4/2021) – Foto: Jatmika H Kusmargana

Sedikitnya terdapat sebanyak 50 rumah warga menerima bantuan lantainisasi dan jambanisasi dari Yayasan Damandiri tersebut. Bantuan diberikan dalam bentuk barang senilai kurang lebih Rp1,5 juta per KK.

“Bantuan lantainisasi dan jambanisasi ini tentu sangat bermanfaat dalam mewujudkan rumah warga yang layak huni. Meskipun jumlahnya belum meng-cover semua, namun paling tidak dapat meringankan tugas pemerintah dalam menghapus rumah tak layak huni di Desa Badegan,” katanya, Rabu (14/4/2021).

Berkat sinergi antara program pemerintah dan Yayasan Damandiri, berupa lantainisasi dan jambanisasi ini, hingga saat ini tercatat sekitar 90 persen rumah warga di Desa Badegan sudah tak ada lagi yang berlantai tanah atau pun memiliki kamar mandi kurang layak.

Terlebih pemerintah melalui puskesmas juga rutin mengontrol kondisi lingkungan dan kesehatan rumah warga.

“Tahun 2021 ini kita bahkan mendapat bantuan program bedah rumah dari pemerintah. Ada sebanyak 30 KK yang menerima program ini. Saat ini sudah ada 2 rumah yang sedang berjalan,” terangnya.

Sebagaimana diketahui, sejak 2019 lalu, Yayasan Damandiri menetapkan Desa Badegan, Ponorogo, Jawa Timur, sebagai desa binaan ke-15. Melalui program Desa Cerdas Mandiri Lestari, Yayasan Damandiri menggelontorkan dana miliaran rupiah ke Koperasi Jaya Mandiri Sejahtera sebagai pelaksana program.

Selain dimanfaatkan untuk pemberdayaan di bidang ekonomi, melalui pemberian akses modal usaha, gelontoran dana tersebut juga digunakan untuk menjalankan berbagai program pemberdayaan lainnya, baik itu di bidang kesehatan, pendidikan, hingga lingkungan.

Semua itu dilakukan demi menurunkan angka kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan warga desa setempat.

Lihat juga...