Quartararo Tercepat di FP3 MotoGP Portugal

Pebalap tim Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo menjalani sesi latihan bebas Grand Prix Portugal, Sirkuit Algarve, Portimao, Jumat (16/4/2021)  - Foto Dok Ant

JAKARTA – Pebalap tim Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo, mencatatkan waktu tercepat pada sesi latihan bebas ketiga Grand Prix Portugal, Sabtu (17/4/2021). Sementara Joan Mir, Valentino Rossi dan Marc Marquez, terlempar dari peringkat 10 besar secara keseluruhan.

Quartararo, melaju lebih cepat 1,2 detik dari catatan waktu sebelumnya di FP2, dengan mencetak waktu 1:39,044 di FP3. Demikian juga Franco Morbidelli, yang naik 17 peringkat ke P2, berjarak 0,051 detik dari mantan rekan satu timnya di Petronas Yamaha itu.

Kondisi trek yang kering sepenuhnya, memungkinkan semua pebalap memperbaiki catatan waktu mereka, kecuali Takaaki Nakagami dan Lorenzo Savadori, dengan sepuluh peringkat teratas langsung lolos ke babak kualifikasi kedua (Q2).

Pemuncak FP2, Francesco Bagnaia dari tim Ducati Lenovo, menjaga jaraknya kurang dari satu detik dari Quartararo, untuk mengklaim P3, mengungguli pemuncak klasemen sementara Johann Zarco, yang finis P4 untuk tim Pramac Racing.

Rookie tim Pramac Racing, Jorge Martin, harus dibawa ke pusat medis setelah terjatuh dalam kecepatan tinggi ke gravel Tikungan 7. Sesi latihan harus dihentikan selama empat menit, ketika para marshal mengevakuasi sang pebalap Spanyol.

Alex Rins, mendapatkan tiket langsung ke Q2, di saat rekan satu timnya di Suzuki Ecstar, Joan Mir, bakal harus melewati Q1 setelah terlempar ke P11. Sejumlah nama besar yang bakal meramaikan Q1 antara lain, juara dunia delapan kali Marc Marquez, yang kembali membalap di MotoGP setelah sembilan bulan terdampak cedera tulang humerus, rekan satu timnya Pol Espargaro, dan Valentino Rossi. (Ant)

Lihat juga...