Lebaran CDN

Ramadan, Minat Warga Temanggung ikut Vaksinasi Tinggi

TEMANGGUNG  – Minat masyarakat Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, untuk mengikuti vaksinasi COVID-19 pada Ramadan 1442 Hijriah tetap tinggi, kata Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung, Khabib Mualim.

“Selama bulan Ramadan ini Dinas Kesehatan tetap melayani vaksinasi yang dilakukan di puskesmas, rumah sakit maupun klinik, terutama untuk melanjutkan vaksinasi dosis kedua,” katanya di Temanggung, Kamis.

Ia menyampaikan pelayanan vaksinasi dilakukan pada siang hari maupun malam hari. Kegiatan vaksinasi malam hari, antara lain telah dilakukan di Puskesmas Banjarsari, Traji, Temanggung, dan Dharmorini.

“Sekarang diutamakan lansia untuk meneruskan dosis kedua, kebetulan jatuh pada bulan Ramadan, mereka minat sekali untuk segera mendapat dosis kedua,” katanya.

Begitu juga permintaan vaksinasi dosis pertama, katanya, banyak yang minta didahulukan, namun karena jumlah vaksin terbatas maka tetap ditunda dan masyarakat harus antre mendapatkan layanan vaksin.

Khabib menyampaikan di samping lansia, sudah banyak yang mendaftar untuk pelayanan publik secara organisasi atau institusi.

Ia menyampaikan kebijakan awal memang setelah tenaga kesehatan kemudian untuk pelayan publik kemudian baru lansia, namun dinamika perkembangan kebijakannya kemudian diprioritaskan untuk lansia dulu.

“Sekarang prioritas untuk lansia, tetapi permintaan pelayanan publik masih banyak, kami tetap prioritaskan lansia sesuai kebijakan dari pusat,” katanya.

Ia menyampaikan layanan vaksinasi bulan Ramadan ini tidak setiap hari dilakukan karena jumlah vaksin terbatas, mungkin dalam minggu-minggu ini dapat droping vaksin.

“Sekarang lebih banyak yang minta dari pada persediaan vaksin,” katanya.

Ia menyebutkan di Kabupaten Temanggung yang sudah divaksin dosis pertama sebanyak 23.933 orang dan dosis kedua sekitar 20.400 orang. (Ant)

Lihat juga...