Lebaran CDN

Ramadan, PMI Jember Targetkan Persediaan Darah 6000 Kantong

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

JEMBER  – Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Jember mengupayakan peningkatan persediaan hasil donor darah sebanyak 6000 kantong, menjelang hari raya Idulfitri.

Ketua PMI Jember, Zaenal Marzuki, menyatakan, pihaknya selama bulan Ramadan rutin melaksanakan kegiatan donor darah, agar persediaan darah di Jember tercukupi.

“Untuk mencukupi kebutuhan persediaan darah selama menjelang Idulfitri kami rutin mengadakan kegiatan donor darah. Karena saat Idulfitri kebutuhan darah diharapkan tercukupi,” ujar Ketua PMI Jember, Zaenal Marzuki, kepada Cendana News di wilayah Jalan Tidar, Kelurahan Karangrejo, Kecamatan Sumbersari, Jember, Jawa Timur, Jumat (30/4/2021).

Selama pandemi Covid-19, persediaan darah yang ada mengalami penurunan, namun kebutuhan darah juga mengalami penurunan.

“Kebutuhan darah mengalami penurunan selama terjadinya pandemi Covid-19. Hal serupa juga terjadi penurunan dalam persediaan darah, disebabkan karena minimnya masyarakat untuk melakukan kegiatan donor danah,” ucapnya.

Marzuki menambahkan, di tengah aktivitas masyarakat yang mulai kembali normal, kebutuhan atas penggunaan darah juga mengalami kenaikan kembali.

“Untuk mencukupi kebutuhan darah, selama bulan Ramadan ada 30 tempat yang kami jadikan lokasi donor darah, beberapa di antaranya lokasi yang dijadikan tempat donor darah yakni, masjid Radatul Alamin, masjid Klompangan Ajung dan di Yonif 509,” ucapnya.

Marzuki menyatakan, berdasarkan kebutuhan persediaan darah selama bulan Ramadan tahun sebelumnya sebanyak 5000 sampai 6000 kantong darah yang tersedia.

“Di tengah pandemi Covid-19 kebutuhan darah berkurang per bulan sekitar 2500, sedangkan di hari normal kebutuhan darah sekitar 3000 sampai 3500. Akan tetapi saat ini kebutuhan darah kembali normal menjadi 6000 darah,” ungkapnya.

Target 6000 kantong darah dilakukan, sesuai dengan kubutuhan, berdasarkan pengalaman yang pernah terjadi.

“Selama memasuki pertengahan bulan Ramadan, darah yang sudah digunakan dari persediaan yang ada, telah terpakai sekitar 2600 kantong darah. Harapannya, target 6000 kantong darah tercapai sebagai persediaan di hari raya Idulfitri, karena menjelang hari raya Idulfitri kegiatan donor darah ditiadakan,” ucapnya.

Saat ini, PMI Jember juga mendapatkan dukungan dari Yonif 509 untuk persediaan darah yang dibutuhkan.

“Harapannya dengan adanya sinergi PMI dengan Yonif 509 Jember maka terus terjaga ke depan,” ujarnya.

Komandan Batalyon Infantri 509/Balawara Yudha, Letkol Inf Syafrinaldi, SE, saat ditemui Cendana News di wilayah Jalan Tidar, Kelurahan Karangrejo, Kecamatan Sumbersari, Jember, Jawa Timur, Jumat (30/4/2021). – Foto: Iwan Feri Yanto

Komandan Batalyon Infantri 509/Balawara Yudha, Letkol Inf Syafrinaldi, SE, menyatakan, kegiatan donor darah yang dilakukan merupakan komitmen untuk aktif dalam kegiatan sosial.

“Kegiatan donor darah dilakukan dengan saling bersinergi antara Yonif 509 dengan PMI. Dalam hal ini untuk membantu persediaan darah agar selalu tercukupi,” ucapnya.

Lihat juga...