Lebaran CDN

Ratusan Warga Pinggirsari Ikuti Pemeriksaan Kesehatan Gratis

Editor: Makmun Hidayat

BANDUNG — Aparatur Desa Pinggirsari, Kecamatan Arjasari, Kabupaten Bandung menyediakan fasilitas pemeriksaan kesehatan gratis bagi warga setempat. Terpantau, ada ratusan warga yang ikut memanfaatkan layanan kesehatan yang dilaksanakan di kantor desa tersebut.

Rani Maryani (40), Petugas Kesehatan di tempat itu mengatakan, layanan pemeriksaan kesehatan gratis ini merupakan kerja sama antara Puskesmas Arjasari dan Desa Pinggirsari.

“Kebetulan di Desa Pinggirsari ini sedang ada penyaluran bansos untuk masyarakat. Jadi momennya pas, selain ambil bansos, masyarakat juga bisa memeriksakan kesehatannya,” ujar Rani kepada Cendana News, Jumat (16/4/2021).

Menurut Rani, pemeriksaan kesehatan sangat penting dilakukan meskipun yang bersangkutan sedang tidak dalam kondisi sakit. Pasalnya, pemeriksaan tersebut bertujuan untuk mencari faktor risiko atau tanda-tanda awal sebuah penyakit.

“Melalui cek kesehatan ini, masyarakat jadi tahu kondisi fisiknya. Apa yang kurang dan apa yang sudah baik. Ini semua bisa mencegah risiko-risiko penyakit yang mungkin terjadi di masa mendatang,” tutur Rani.

Lebih lanjut, Rani menyebut, pemeriksaan yang diberikan berupa cek tekanan darah, kolesterol, fungsi ginjal, fungsi hati, fungsi paru, fungsi jantung, dan hematologi.

“Khusus untuk lansia kami siapkan pemeriksaan tanda-tanda awal risiko stroke, diabetes, demensia, penyakit jantung dan ginjal,” ucap Rani.

Di tempat yang sama, Isur (64) mengaku sudah sangat lama tidak memeriksakan kesehatannya. Ia pun merasa sangat terbantu dengan adanya layanan pemeriksaan kesehatan gratis tersebut.

“Kalau tidak ada ini mungkin saya tidak akan periksa kesehatan. Saya sih merasa masih sangat sehat. Tapi tadi pas diperiksa, katanya tekanan darah saya agak tinggi, jadi harus terus diperhatikan,” katanya

Isur juga menyatakan, bahwa dirinya telah diberikan surat rujukan oleh petugas kesehatan apabila ingin memeriksakan tekanan darah nya lebih lanjut ke Puskesmas Arjasari.

“Alhamdulillah jadi kita tahu semua lah kondisi tubuh kita. Kata petugas tadi, sebaiknya cek kesehatan minimal setahun sekali. Tapi lebih baik kalau bisa enam bulan satu kali,” pungkas Isur.

Lihat juga...