Lebaran CDN

Ribuan Petasan Diamankan Jajaran Polres Batang

Kapolres Batang, AKBP Edwin Louis Sengka (kanan), memeriksa barang bukti ribuan petasan yang disita di Mapolres Batang, Jawa Tengah, Rabu (28/4/2021) - Foto Ant

BATANG – Kepolisian Resor Batang, Jawa Tengah, melalui operasi Kegiatan Kepolisian Yang Ditingkatkan (KKYD), selama sepekan terakhir ini menyita 7.865 selongsong petasan dan 1.920 petasan jenis korek api.

Kapolres Batang, AKBP Edwin Louis Sengka mengatakan, penyitaan ribuan petasan tersebut dari hasil patroli petugas, dalam upaya menciptakan ketertiban dan keamanan masyarakat selama Ramadan. “Ribuan petasan yang siap ledak tersebut, saat ini sudah kami rendam ke dalam empat drum berisi air. Untuk mencegah petasan tersebut tidak meledak,” katanya, Rabu (28/4/2021).

Edwin mengimbau, masyarakat tidak membuat maupun menyalakan petasan, karena hal tersebut membahayakan diri sendiri maupun orang lain. Terkait dengan persiapan pengamanan Lebaran 2021, AKBP Edwin mengatakan, pihaknya telah menyiapkan lima pos pengamanan (pospam) dan satu pos pelayanan (posyan). Pos tersebut tersebar di pintu exit tol Kalibeluk, Kandeman, rest area KM 360, rest area KM 379, jalur pantura RM Luwes, dan Alun-Alun Batang.

Pada operasi Ketupat Candi 2021, Polres Kendal juga akan menyiagakan 569 personel, terdiri dari 310 personel dari polres, Brimob 25 personel, Kodim 0738 Batang sebanyak 30 personel, dan instansi 204 orang. “Pada operasi Ketupat Candi 2021, kami akan menyiagakan petugas pengamanan tertutup, artinya mereka berpakaian preman dan petugas pengamanan terbuka, yaitu polisi berpakaian uniform secara lengkap,” katanya.

Sementara untuk menciptakan ketertiban masyarakat, pihaknya juga melarang adanya takbir keliling, mengingat saat ini sedang dalam kondisi pandemi. “Kami akan melakukan penyuluhan kepada masyarakat dan memberikan selebaran serta spanduk agar tidak melakukan takbir keliling,” tandasnya. (Ant)

Lihat juga...