Lebaran CDN

Roti Panggang Durian Kelezatannya Bikin Ketagihan

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

LAMPUNG — Memasuki musim durian, berbagai varian kuliner dari buah beraroma khas ini jadi pilihan, mulai dari olahan es hingga roti panggang. Ditambah saat bulan Ramadan, sangat cocok untuk menu berbuka.

Riki Sanjaya, pekerja di warung Blehong Durian di tepi Jalan Imam Bonjol penghubung kota Bandarlampung dengan Kabupaten Pesawaran menyebutkan,  durian blehong memiliki warna kuning mentega, legit, lembut dan aroma wangi. Roti yang digunakan jenis oval agar bisa dibelah untuk diberi isian daging buah durian.

“Proses pemangganan akan dilakukan saat ada pemesan sehingga roti tetap fresh from the oven dengan alat pemanggang pembuatan martabak telor, dipanggang dengan api sedang hingga bagian kulit roti garing,” terang Riki Sanjaya saat ditemui Cendana News, Sabtu (17/4/2021).

Setelah dibelah menjadi dua dengan dua bagian dipanggang beberapa menit dan kemudian roti disajikan di atas piring. Bagian roti yang dibelah dan masih panas diberi isian daging durian blehong yang telah dibuang bagian biji.

Sensasi roti panggang ketika diberi daging buah durian sebut Riki Sanjaya cukup harum. Daging buah durian akan lumer ketika ditutup roti yang terbelah. Agar rasa lebih mantap bagian atas diberi taburan atau topping serutan keju.

Sajian roti panggang durian akan semakin lezat kala disajikan dalam keadaan hangat. Berpadu dengan es cendol durian menu itu cukup mengenyangkan.

Proses pemanggangan roti yang akan diberi isian oleh Riki Sanjaya pekerja di warung Durian Blehong Jalan Imam Bonjol, Kemiling, Bandarlampung, Sabtu (17/4/2021). Foto: Henk Widi

Aliya, salah satu pelayan di warung Blehong Durian menyebut saat bulan ramadan permintaan roti panggang, es cendol durian meningkat. Bagi yang menjalankan ibadah puasa pelayanan tetap diberikan dengan sistem pesan antar, dibungkus (take away) kerap jelang sore. Namun bagi yang tidak berpuasa disediakan ruangan khusus dengan tirai agar tidak terlihat dari luar.

“Sajian roti panggang durian yang renyah dan harum bisa jadi camilan untuk pengganti nasi,” cetusnya.

Stevani, penyuka durian mengaku menikmati roti panggang durian untuk pengganti makan nasi. Porsi roti yang besar sangat cocok untuk dinikmati berdua. Harga terjangkau Rp10.000 sebanding dengan rasa yang ditawarkan. Tekstur renyah pada bagian roti dan lembut pada isian daging buah durian lumer saat di lidah.

Saat tidak berpuasa ia mengaku masih bisa membawakan minuman es cendol bagi kerabat yang berpuasa. Es cendol durian sebagai pelengkap roti panggang bisa disimpan dalam lemari pendingin. Sementara roti panggang bisa dipisahkan bagian isian untuk dipanaskan di rumah. Pemanasan dengan dipanggang lalu diberi isian daging durian ketika berbuka puasa.

Lihat juga...