Lebaran CDN

Rumah Baca Lampung Edukasi Nilai Keagamaan Selama Ramadan

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

LAMPUNG — Sejumlah cara dilakukan oleh pegiat literasi untuk mengisi kegiatan selama selama bulan Ramadhan.  Terlebih kesempatan anak anak berada di rumah selama masa pandemi Covid-19 lebih banyak.

Seperti yang dilakukan Nur Ekayani, pegiat literasi Rumah Baca Lampung (RBL) menyebutkan, sebagai cara untuk meningkatkan kecintaan membaca buku ia menyiapkan buku bergambar. Sebagian buku tersebut tentang kisah nabi dan tokoh inspiratif yang memberikan edukasi nilai-nilai keagamaan.

“Selama masa belajar dalam jaringan sebagian anak mulai bosan sehingga kegiatan mendongeng, bermain dan mewarnai sejumlah gambar yang saya sediakan terutama saat bulan Ramadan yang bertujuan meningkatkan nilai nilai ketaqwaan dan iman termasuk sejumlah kegiatan lain,” terang Nur Ekayani saat dikonfirmasi Cendana News di Lampung, Kamis (22/4/2021).

Minat anak-anak saat bulan Ramadan mengisi kegiatan di RBL sebutnya cukup tinggi. Sejak Minggu (18/4) Nur Ekayani menyebut telah menggelar sejumlah perlombaan, meliputi mewarnai, menempel makraf huruf hijaiyah, membuat dan membaca puisi, menggambar dan azan, menempel gambar, mengaji juz 30.

Anak anak membaca buku dan menyiapkan kegiatan lomba saat Ramadan di RBL Segala Mider, Tanjungkarang, Bandarlampung, Kamis (22/4/2021). Foto: Henk Widi

Mendampingi anak anak saat Ramadan dengan kegiatan positif sebut Nur Ekayani jadi cara membudayakan literasi. Edukasi dan literasi tidak hanya sekedar membaca buku. Bekerjasama dengan sejumlah donatur RBL juga mengajak masyarakat untuk peduli pada sesama. Bentuk kongkritnya dengan membuat menu hidangan berbuka puasa.

“Literasi akan meningkatkan kepedulian sosial sehingga melahirkan empati ,” terang Nur Ekayani.

Sebagai relawan literasi melalui RBL Nur Ekayani menyebut tetap peduli untuk mengedukasi anak anak. Ketersediaan buku terbatas yang sebagian masih tergantung dari donatur. Mengandalkan sejumlah koleksi buku yang dimiliki ia juga tetap bisa mengajak anak berkreasi.

“Edukasi dengan tetap bisa bersosialisasi tentunya tetap memperhatikan protokol kesehatan,”ujarnya.

Zahira, salah satu anak mengaku ikut belajar di Rumah Baca Lampung mengaku bisa mendapat banyak pengalaman. Selama tidak belajar di sekolah ia masih bisa tetap bisa menimba ilmu di RBL yang dikelola oleh Nur Ekayani.

Selama Ramadan ia juga bisa ikut terlibat dalam sejumlah perlombaan yang digelar. Lomba mewarnai jadi pilihan baginya sebagai pengisi waktu selama Ramadan.

Lihat juga...