Saluran Irigasi Mampet, Jalan raya Parakan-Ngadirejo Temanggung Banjir

Seorang pemuda, mengambil sebuah sepeda yang terseret arus air di Desa Dangkel, Kecamatan Parakan, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, Kamis (1/4/2021) - foto Ant

TEMANGGUNG – Jalan raya Parakan-Ngadirejo, yang ada di Desa Dangkel, Kecamatan Parakan, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, dilanda banjir, Kamis (1/4/2021). Arus kendaraan di jalur tersebut sempat macet.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Temanggung, Dwi Sukarmei mengatakan, air meluap ke jalan raya sekira pukul 14.00 WIB. Banjir terjadi, setelah hujan dengan intensitas deras mendera wilayah Parakan dan sekitarnya. “Akibat hujan dengan intensitas tinggi, debit air irigasi yang bermuara dari Sungai Ngesrep meningkat tinggi, akibatnya terjadi luapan air,” kata Dwi, Kamis (1/4/2021).

Luapan air dan banjir, yang terjadi di Desa Dangkel, karena ada beberapa titik gorong-gorong tersumbat. Dari laporan yang diterimanya, dampak dari banjir sejumlah fasilitas umum mengalami kerusakan. Seperti, jalan kampung di desa tersebut beberapa bagian aspal mengelupas. Hal itu terlihat di RT 02, RT 03 dan RT 04 Desa Dangkel. Kemudian senderan dan tembok bahu saluran, mengalami longsor dan hanyut.

Luapan air yang begitu deras tersebut juga menghanyutkan dua unit sepeda motor warga. “Luapan air sampai pertigaan Jembatan Brangkongan dan material ke jalan. Akses jalan raya Parakan-Ngadirejo macet total, dan beberapa pengendara roda dua terjatuh,” katanya.

Menurutnya, sekira pukul 16.00 WIB, air sudah surut dan beberapa rumah yang tergenang sudah dibersihkan warga. Arus lalu lintas di jalan tersebut kembali normal. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Namun, untuk nilai kerugian masih dalam penghitungan. (Ant)

 

Lihat juga...