Lebaran CDN

Satgas COVID-19 Hulu Sungai Utara Razia Prokes

Petugas dari Satgas COVID-19 membubarkan kerumunan remaja di Kota Amuntai pada malam hari di Bulan Ramadhan - foto Ant

HULU SUNGAI UTARA – Satuan tugas pencegahan dan penanganan COVID-19 Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan (Kalsel), kembali melaksanakan razia penerapkan protokol kesehatan (Prokes), guna menjaga situasi Kamtibmas dan antisipasi penularan selama Ramadhan dan Idul Fitri 1442 Hijriah.

“Kita membubarkan kerumunan masyarakat di warung dan cafe yang masih beroperasi sampai pukul 01.00 wita, termasuk aktivitas membangunkan warga untuk bersahur sebelum pukul 03.00 wita,” kata Plt Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Hulu Sungai Utara, Jumadi di Amuntai, Rabu (28/4/2021).

Dikatakan, masyarakat harus dikawal supaya masyarakat yang lain dapat merasa nyaman dan khusus beribadah selama Ramadan. Saat melakukan patroli, petugas Satpol PP melakukan penindakan dan razia terhadap warga yang melanggar Prokes. “Seperti pada kegiatan kemaren kita mengamankan sekumpulan remaja yang tengah mabuk, yang membawa kendaraan minibus secara ilegal, menertibkan rombongan warga yang membawa jamaah bagarakan sahur, membangunankan warga untuk sahur masuk di kawasan kota,” terang Jumadi, Rabu (28/4/2022).

Ia juga membubarkan beberapa kerumunan seperti di warung dan cafe, yang masih beroperasi hingga tengah malam, serta kerumunan pedagang pentol di Bundaran Kota dan kerumunan beberapa remaja di kawasan Siring Itik

Sementara itu, beberapa cafe dan warung masih ramai di malam hari. Seringkali para pengunjung tidak melakukan jaga jarak (social distancing). Demikian pula masih banyak Jama’ah Sholat Taraweh, tidak melakukan jaga jarak dan tak mendapat teguran dari Satgas COVID-19 tingkat kecamatan, kelurahan maupun desa. (Ant)

Lihat juga...