Lebaran CDN

Sekolah Penggerak Wujudkan Terciptanya Pelajar Pancasila

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

JAKARTA  –  Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengatakan, program sekolah penggerak adalah upaya untuk mewujudkan misi pendidikan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya pelajar Pancasila.

“Sekolah penggerak bertujuan untuk meningkatkan dan meratakan pelayanan pendidikan di seluruh Indonesia,” ujar Anies, pada webinar bertajuk Pendidikan dan Sekolah Penggerak di Jakarta yang diikuti Cendana News, Kamis (22/4/2021).

Karena itulah, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sangat mendukung program ini, dan Anies berharap sekolah penggerak ini nantinya secara bertahap bisa makin banyak dilaksanakan di berbagai tempat.

“Semoga dunia pendidikan Indonesia, khususnya di Jakarta tidak hanya mampu mengembangkan potensi murid secara menyeluruh, tapi juga meningkatkan mutu tenaga pendidik agar bisa sama-sama belajar dan menciptakan proses mengajar yang efektif,” ungkapnya.

Kepala Suku Dinas Pendidikan (Kasudin) Wilayah II Jakarta Timur, Gunas Mahdianto, menambahkan, pendidikan mempunyai peranan yang penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM).

Kepala Suku Dinas Pendidikan (Kasudin) Wilayah II Jakarta Timur, Gunas Mahdianto, saat memaparkan program sekolah penggerak pada webinar bertajuk Pendidikan dan Sekolah Penggerak di Jakarta yang diikuti Cendana News, Kamis (22/4/2021). Foto: Sri Sugiarti.

“Melalui proses pembangunan pendidikan ini kita hendak membangun sekaligus mewujudkan masyarakat Jakarta menjadi SDM yang bermutu, menjadi bagian yang menentukan terhadap perkembangan dan kualitas pendidikan di DKI Jakarta,” ujar Gunas, pada acara yang sama.

Dikatakan dia, meskipun pendidikan di Jakarta telah banyak mengalami kemajuan, tapi masih ada kekurangan yang harus diperbaiki.

Maka itu, Gunas mengajak komunitas pendidikan di Jakarta Timur II untuk terus melakukan upaya peningkatan pendidikan.

Apalagi kata dia, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah menunjuk Jakarta Timur dan Jakarta Selatan sebagai salah satu dari 111 kabupaten kota di Indonesia untuk penyelenggaraan sekolah penggerak.

Dia berharap pada komunitas pendidikan Jakarta Timur dengan kesungguhan dan kerja keras, sehingga program sekolah penggerak di Jakarta bisa sukses pelaksanaannya sesuai dengan tujuan.

“Sekolah penggerak adalah katalis untuk mewujudkan visi Indonesia. Sekolah ini tentu akan terfokus pada pengembangan hasil belajar secara holistik untuk mewujudkan profil pelajar Pancasila. Dan SDM yang unggul yaitu kepala sekolah dan guru,” urainya.

Program sekolah penggerak ini bertujuan mempercepat mutu pendidikan di daerah. Hal ini menurutnya sesuai dengan misi Jakarta ingin mewujudkan mutu pendidikan yang tuntas dan berkualitas.

Yakni dimana program ini dilakukan dengan ekosistem pada seluruh sekolah di Indonesia menjadi sekolah penggerak. Program ini juga dapat mengakselerasi baik sekolah negeri dan swasta di seluruh tahapan untuk bergerak lebih maju dalam waktu tiga tahun ajaran.

“Kami bertekad memberikan perhatian yang besar dalam pelaksanaan program ini. Sehingga peningkatan mutu SDM di Jakarta bisa sejajar dengan kota-kota besar lainnya,” pungkas Gunas.

Lihat juga...