Lebaran CDN

Selain Open House, Pemkot Bekasi Juga Larang Terima Gratifikasi Idul Fitri

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

BEKASI — Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat, resmi mengeluarkan edaran terkait penolakan gratifikasi terkait perayaan hari raya keagamaan. Begitu pun kegiatan Open House pada Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1442 H di Masa Pandemi Covid-19.

Larangan ini dibuat dan diberlakukan dalam rangka Adaptasi Tatanan Hidup Baru (ATHB) dan untuk melindungi aparatur pemerintah serta masyarakat dari resiko penyebaran Covid-19 di wilayah Kota Bekasi melalui surat edaran Wali Kota Bekasi Nomor :451/3360-SETDA.Kessos.

“Kedua surat edaran baik larangan perayaan open house dan menolak gratifikasi menyambut Idulfitri 1442 Hijriyah telah ditandatangani langsung oleh Wali Kota Bekasi,” ungkap Sajekti Rubiah Kabag Humas Pemkot Bekasi, Rabu (28/4/2021).

Penolakan Gratifikasi di Lingkungan Pemerintah Kota Bekasi ditujukan kepada para Kepala Perangkat Daerah, Direktur BUMD, Direktur RSUD Chasbullah Abdul Majid, Kepala Puskesmas, Kepala Sekolah SD dan SMP, serta seluruh ASN dan Non ASN se-Kota Bekasi.

Hal itu menindaklanjuti Peraturan Wali Kota Bekasi Nomor: 24 Tahun 2021 tentang Pengendalian Gratifikasi di lingkungan Pemerintah Kota Bekasi dan terkait Perayaan Hari Raya Keagamaan.

Jika dilakukan oleh pejabat terkait seperti penerimaan dan pemberian gratifikasi tidak dilaporkan akan dikenakan sanksi sesuai peraturan perundang undangan.

Sementara Larangan open hous sendiri ini dibuat dan diberlakukan dalam rangka Adaptasi Tatanan Hidup Baru (ATHB) dan untuk melindungi aparatur pemerintah serta masyarakat dari resiko penyebaran Covid-19 di wilayah Kota Bekasi

Diharapkan dengan adanya pelarangan ini para masyarakat mematuhi dan menjaga protokol kesehatan yang berlaku.

Apapun larangan open house bagi seluruh aparatur Pemerintah Kota Bekasi bersama masyarakat dilarang melaksanakan Open House pada Hari Raya Idul Fitri Tahun 2021 M/1442 H.

Pasca pelaksanaan Sholat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1442 H/2021 M diimbau kepada seluruh jamaah untuk segera kembali ke rumah masing-masing dan tidak melakukan halal bi halal di tempat ibadah

Kegiatan Silaturrahim atau Halal Bihalal pasca ibadah sholat Idul Fitri tahun 2021 M/1442 H dapat dilakukan dengan menggunakan media elektronik untuk menghindari adanya kontak fisik dan potensi kerumunan.

Lihat juga...