Lebaran CDN

Selama Ramadan, Pasokan Gas Elpiji di Banjarmasin Dijamin Aman

BANJARMASIN — Pemerintah Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan menjamin pasokan gas elpiji khususnya tabung 3 kilogram untuk masyarakat tidak mampu tidak akan langka selama bulan suci Ramadan 1442 hijrah atau tahun 2021 ini.

“Kita sudah koordinasi dengan PT Pertamina, stok gas tersedia dijamin banyak, cukup selama Ramadan untuk warga Kota Banjarmasin,” ujar Kabag Perekonomian Pemkot Banjarmasin Rusdi Aziz di Banjarmasin, Senin (12/4/2021).

PT Pertamina, tambahnya, menyebutkan bahwa distribusi gas elpiji ke Kota Banjarmasin tidak banyak terganggu, meski jalur darat ada kerusakan untuk jalur trans Kalimantan atau jalan Gubernur Subardjo lingkar Utara yang menyambung ke wilayah Kalimantan Tengah.

“Tapi jalur jembatan Alalak 1 bisa dibuka untuk truk pengangkut Pertamina, jadi tidak masalah,” tuturnya.

Menurut Rusdi, dari informasi PT Pertamina untuk ketersediaan gas elpiji khususnya yang 3 kg di Kota Banjarmasin tersebut mencapai 510 ribu tabung per bulannya.

Sementara itu, ungkap dia, berdasarkan data pemakaian gas elpiji di Kota Banjarmasin untuk tabung melon tersebut hanya sekitar 260 ribu tabung per bulannya.

“Sekitar 18 ribu tabung per hari, harusnya kan mencukupi,” tutur Rusdi.

Pemerintah Kota Banjarmasin sendiri, lanjutnya, sudah membuat kartu kendali gas elpiji untuk 3 kg tersebut bagi warga miskin yang sejak 2020 yang jumlahnya sekitar 36 ribu kepala keluarga dibagikan.

“Tahun ini kita tambah lagi sekitar 1.800 kartu kendali, kita harap ini bisa menjadi solusi untuk membantu warga miskin yang sangat membutuhkan gas elpiji, termasuk juga usaha kecil,” katanya.

Menurut dia, pemegang kartu dapat membeli empat tabung elpiji bersubsidi 3 kilogram sebulan dan bagi UMKM sebanyak 6 tabung sebulan.

”Mereka berhak mendapat elpiji itu dengan harga sesuai HET (Harga Eceran Tertinggi) di mana sekarang satu tabung Rp17,5 ribu,” ujar Rusdi. (Ant)

Lihat juga...