Sensasi Terapi Ikan Hadirkan Kebugaran

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

JAKARTA –  Salsa (17), seorang warga Ciracas, melakukan terapi relaksasi dengan menyelupkan kedua kaki ke dalam kolam berisikan ratusan ikan Garra Rufa.

Seketika itu, kedua kaki dia diserbu ikan kecil-kecil berwarna oranye dan abu-abu.

“Terasa geli gigitan ikannya di kaki saya, ini. Tapi lama kelamaan nyaman, jadi lebih rileks,” ujar Salsa, kepada Cendana News ditemui di kolam yang berada di halaman kantor Kelurahan Ciracas, Jakarta Timur, Jumat (9/4/2021).

Menurutnya, memanjakan tubuh sambil terapi relaksasi, tidak harus mendatangi tempat-tempat khusus. Karena di area kantor kelurahan Ciracas juga tersedia, sehingga masyarakat bisa memanfaatkan fasilitas kesehatan ini.

Selain untuk relaksasi memanjakan urat-urat syaraf pada kaki, kolam terapi ini menurutnya, juga bisa untuk rekreasi gratis sambil menunggu antrean pelayanan.

“Warga seperti saya, bisa bersantai menikmati terapi ikan. Manfaatnya, peredaraan darah lancar, karena gigitan ikan itu meregangkan urat-urat syaraf kaki, tubuh terasa lebih bugar,” imbuhnya.

Salsa mengaku, sudah sering terapi di kolam ikan ini. Biasanya, dia datang setiap akhir pekan bersama adiknya.

Namun kali ini, di hari kerja karena dia mengantar saudaranya mengurus surat di kelurahan.

“Ya sambil nunggu saudara yang lagi ngurus surat, saya terapi saja. Seringnya sih akhir pekan sama adik, itu banyak warga yang terapi ikan di sini,” ujarnya.

Dengan sering terapi ikan, dia mengaku, banyak manfaat yang dirasakan, yakni peredaran darahnya lancar. Kemudian stres juga hilang karena bisa menikmati sensasi gigitan ikan Garra Rufa.

“Awal pas kaki diserbu ikan ini, takut sakit. Tapi ternyata gigitan ikan di kaki terasa geli, bikin kita tertawa lepas, stres juga jadi hilang. Lama-lama nyaman dan ketagihan terapi,” tukasnya.

Sekretaris Kelurahan Ciracas, Bambang H.Sip, mengatakan, kolam terapi ini merupakan inovasi layanan yang diperuntukkan bagi warga.

Sekretaris Kelurahan Ciracas, Bambang. H. Sip sedang memasukkan tangan ke kolam terapi ikan yang ada di halaman kantor Kelurahan Ciracas, Jakarta Timur, Jumat (9/4/2021). Foto: Sri Sugiarti

Sehingga warga yang datang saat mengurus perizinan atau lainnya, bisa terhibur dengan terapi ikan sambil menunggu antrean layanan.

Dalam kolam terapi ini disebar 800 ekor ikan terapi jenis Garra Rufa sebagai media terapi saraf kaki.

“Kolam terapi ikan ini, fasilitas untuk kenyamanan warga yang ingin relaksasi atau terapi kesehatan,” ujar Bambang, kepada Cendana News ditemui di kantor Kelurahan Ciracas, Jakarta Timur.

Menurutnya, pada akhir pekan dan hari libur juga banyak warga yang memanfaatkan kolam terapi ini.

“Kalau akhir pekan, warga rekreasi di sini. Kebetulan juga kan ada taman, kolam ikan hias, dan tanaman hidroponik. Jadi warga bisa memanfaatkan untuk rekreasi dan relaksasi dengan terapi ikan, melancarkan peredaran darah di pembuluh kapiler,” ujarnya.

Menurutnya, jika pembuluh darah dalam tubuh lancar maka segala penyakit bisa sembuh dengan sendirinya.

“Rutin terapi ikan, insyaallah penyakit akan sembuh. Tapi kalau peredaran darah tidak lancar, itu penyakit akan menular ke mana-mana, bisa stroke, penggumpalan darah di pembuluh kapiler dan otot jantung,” pungkasnya.

Lihat juga...