Sensasi Zaman Purba Bersama Dinosaurus di Lembah Asri

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

PURBALINGGA – Ingin merasakan sensasi zaman purba dengan dikelilingi berbagai macam hewan purba serta suaranya yang menggelegar ? Datang saja ke Lembar Asri, yang berlokasi di Jalan Raya Serang, Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga.

Aneka jenis dinosaurus dengan berbagai ukuran siap menyambut kedatangan pengunjung saat masuk lokasi. Melalui pintu masuk, pengunjung sudah disuguhi dengan suara menggelar dari jeritan dinosaurus. Ada sekitar 30 dinosaurus yang terletak pada petak-petak lembah dengan diberi pembatas pagar bambu.

“Lumayan mengejutkan waktu pertama masuk, karena suaranya menggelegar keras, sementara kita belum melihat dinosaurusnya. Beberapa anak kecil ada yang takut juga, dikira dinosaurus sungguhan,” kata salah satu pengunjung Lembah Asri, Widi Astono, Minggu (4/4/2021).

Salah satu pengunjung Taman Dinosaurus di Purbalingga, Widi Astono, Minggu (4/4/2021). Foto: Hermiana E. Effendi

Pengunjung harus berkeliling perbukitan seluas kurang lebih dua hektare untuk bisa melihat aneka ragam dinosaurus seluruhnya. Masing-masing dinosaurus mengeluarkan suara yang berbeda-beda. Namun, semua suara keras dan menggelegar.

Salah satu dinosaurus yang menjadi favorit pengunjung untuk berswafoto adalah dua ekor dinosaurus besar dan berleher panjang. Dinosaurus berleher panjang ini merupakan jenis Trias yang termasuk salah satu dinosaurus terbesar dan lehernya mampu menjangkau pepohonan tinggi. Selain itu ada juga jenis dinosaurus yang bisa terbang dan mempunyai sayap berukuran besar.

“Cukup lelah berkeliling taman dinosaurus ini, tetapi bagus untuk wisata anak-anak, mereka sambil berolah raga menyusuri perbukitan,” tutur Widi.

Meskipun diperbolehkan untuk berswafoto, namun pengunjung dilarang untuk menyentuh patung dinosaurus. Dan untuk melihat jarak terdekat hanya diperbolehkan pada pagar pembatas saja.

Pengunjung lainnya, Vivin mengatakan, ia sudah dua kali mengajak anaknya berkunjung ke taman dinosaurus. Selain udaranya yang sejuk karena terletak di lereng Gunung Slamet, sekaligus juga bisa belajar tentang jenis-jenis hewan zaman purba tersebut.

“Selama ini anak-anak hanya melihat dinosaurus di televisi saja, sekarang bisa melihat langsung, meskipun hanya patung, tetapi ukurannya hampir sama. Dan juga suasana di taman dinosaurus ini sudah mirip-mirip masuk ke zaman purba. Banyak terdapat pepohonan tinggi dan patung-patung dinosaurus tersebar di antara pepohonan tersebut,” ucapnya.

Untuk ukuran wisata di tengah pandemi, pengunjung wisata Lembah Asri Purbalingga ini terbilang cukup padat. Selain harga tiket masuk yang cukup murah, yaitu hanya Rp 10.000 per orang, sebagaimana namanya, lokasi tersebut merupakan lembah pegunungan yang sangat asri dan sejuk, bahkan udaranya cenderung dingin.

Lihat juga...